Ini dia syarat menjadi vlogger/motovlog

Vlog alias video blog belakangan ini memang sedang booming. Coba main ke grup-grup vlog/motovlog, pasti anggotanya makin bertambah. Belum lagi yang privateer ya. Saya juga baru menekuni vlog ini baru sekitar 7 bulan. Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan saat ingin menjadi vlogger.

Ow ya.. Hal yang akan saya tulis dibawah ini adalah murni pengalaman pribadi. Kalau ada yang kurang silakan ditambahkan di kolom komentar.

1. Tentukan niat dan tujuan kawan-kawan nge-vlog itu untuk apa. Karena menurut saya dari niat ini akan menentukan bagaimana “hidup” dari channel kawan-kawan. Mau cari duit lewat vlog bisa. Cuman sebagai sharing bisa. Portfolio pribadi bisa. Apapun bisa. Tergantung niat dan tujuan kawan-kawan.

2. Tentukan tema vlog. Vlog ngebahas motor (motovlog) kah? Ngebahas mobil (carvlog) kah? Ngebahas otomotif dalam segala hal kah? Ngebahas makanan kah (food blog) kah?

3. Update berkala. Menurut saya ini penting. Jangan baru banyak punya bahan, tiap hari update terus. Begitu ga ada bahas eh vakum. Buat saja berkala, seumpama seminggu sekali atau seminggu 2 kali. Ini juga dimaksudkan agar google gampang mengindex vlog kawan-kawan. Selain itu tujuannya agar subscriber yang sudah bergabung tau kapan harus datang menonton channel kawan-kawan.

4. Tanggapi komentar kawan-kawan yang sudah menonton channel kita.

5. Ini yang paling penting menurut saya. Siapkan mental. Lha kenapa? Karena kawan-kawan akan menemukan satu atau dua komentar di vlog itu tajamnya setajam silet yang kadang kalau baper bisa kesel seharian.

6. Jangan ngeributin gadget apa yang dipakai. Kamera poket bisa, hp bisa, action cam bisa, handycam bisa, kamera bertele-tele besar juga bisa. Asal bisa digunakan untuk mengambil video. Jadi jangan ngeributin gadgetnya ya.

7. Kalau bisa editing lebih bagus lagi. Mesti baguskah editingnya? Nope. Ga diedit pun ga masalah. Hanya masalah tampilan dimata saja. Asalkan kontennya oke no problem. Jangan sampai kontennya tenggelam karena editingnya yang kelewat wah.

Demikianlah beberapa hal yang menurut saya mesti diperhatikan saat kawan-kawan mau menjadi vlogger. Kalau ada yang salah atau kurang mohon dikoreksi. Thank you..

Iklan

4 thoughts on “Ini dia syarat menjadi vlogger/motovlog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s