Wah ternyata ada juga Honda Rebel 300

Kawan.. Saat googling mencari beberapa informasi mengenai motor baru, saya tertarik pada penampakan Honda Rebel. Yup Rebel alias Honda CMX 500 sudah diluncurkan di tanah air beberapa waktu lalu oleh AHM. Tapi ternyata Honda Rebel punya saudara untuk kubikasi lebih hemat. Namanya Honda Rebel 300.

Yup.. betul. Nama resminya adalah Honda CMX300. Motor ini menganut single silinder berkubikasi 286cc. Secara tampilan, motor ini nyaris plek dengan Honda Rebel 500. Perbedaan yang paling terlihat adalah hanya dari mesin itu sendiri. Untuk seri 300cc, hanya menggunakan 1 keluaran knalpot dan meninggalkan sedikit “bagian kosong” dibawah tanki. Berbeda dengan seri 500cc yang sangat terlihat padat dari sisi mesinnya.

Apabila ketanah air, sepertinya motor ini akan menggunakan kubikasi mesin 250cc. Dan mesin paling dekat yang bisa digunakan adalah mesin dari keluarga CBR 250R single silinder yang tentunya ECU akan di-remapping ulang sesuai kebutuhan.

Kira-kira Honda Rebel 250 akan diluncurkan di tanah air? Menurut saya kecil kemungkinannya. Itu tebakan asal ya. Kenapa? Balik lagi mengenai positioning Honda Rebel 500 itu sendiri. Harga dari Honda Rebel 500 tentunya akan mepet dengan Honda 500’s series (CBR 500R,CB 500F dan CB 500X). Nah jika diluncurkan dengan kubikasi 250cc tentunya harga akan jauh lebih hemat dengan kisaran dibawah harga Honda CBR 250RR. Problemnya adalah tampilan yang nyaris serupa. Ngapain beli yang 500 kalau yang 250 saja dah plek banget tampilannya. Mungkin seperti itu pernyataan yang bisa dilontarkan oleh calon konsumen. Tentunya akan berbahaya untuk penjualan Honda Rebel 500 itu sendiri. Kecuali… Tampilan Honda Rebel 250 diberi sentuhan berbeda. Nah baru deh masuk akal.. Berminat???

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s