Diskon yang besar untuk sebuah produk apakah benar sebuah keuntungan untuk customer

ktm_rc250 1

Pemotongan harga untuk sebuah produk adalah hal yang lumrah terjadi. Biasanya pemotongan harga ditujukan untuk meningkatkan minat beli dari calon ataupun customer yang sudah pernah membeli/merasakan produk yang dimaksud. Tetapi jika potongan yang diberikan cukup besar apakah itu lumrah?

Menurut saya lumrah. Kita ambil contoh ya. Jika kita membeli mobil atau motor di tahun 2016 dengan VIN (Vehicle Identification Number) keluaran tahun 2015, jangan kaget kalau bisa dapat diskon hingga puluhan juta. Kenapa? Jawabannya simple. Cuci gudang. Mending dijual dengan margin super tipis daripada uang modal tidak bisa diputar.

Dahulu kawan di awal tahun 2015 pernah punya pengalaman membeli sebuah Ford Fiesta warna ungu keluaran tahun 2014. Kenapa dia ambil yang tahun 2014? Karena diskonnya hingga 40 juta! Dan kenapa ungu? Karena itulah warna yg tersedia. Toh yang penting mobilnya adalah mobil baru

Nah kalau kali ini ada sebuah brand motor dan memberikan potongan harga nyaris separuhnya apakah layak untuk dibeli? Menurut saya layak sekali. Walaupun VIN number nya masih menggunakan 2015 tapi itu kemungkinan adalah motor baru alias NOS (New Old Stock) alias barang baru tapi stok lama. Toh juga beli motor segitu kan untuk dipakai bukan gengsi-gengsian dan sudah tahu konsekuensi brand Eropa yg terkenal sangat “manja”. Jadi tahun lamaan dikit no problem. Tapi kalau kawan-kawan mau bicara gengsi ya bakalan lain ceritanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s