Akhirnya internal KTM di Indonesia pun bentrok

ktm_rc250 1

Hmmm.. Cukup kaget membaca berita di blog teman-teman yang lain mengenai “bentrok”nya para pemegang hak edar motor bermerek KTM di tanah air. Saling klaim dan menuduh menurunkan harga secara sepihak pun terlontar. Lalu bagaimana sebenarnya yang terjadi?

PT Moto KTM Indonesia yang dikendalikan PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) mengirimkan surat bantahan tentang informasi penurunan harga Duke dan RC series. Perusahaan ini memang pernah menjadi agen pemegang merek KTM untuk pasar Indonesia. “Berita diskon besar-besaran hingga Rp 20 juta per unit sepeda motor KTM adalah tidak benar. Dan sangat mengganggu kinerja KTM Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) Jimmy Budhijanto (detik)

Menurut Jimmy Budhijanto, hanya PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) yang berhak melakukan distribusi brand KTM Austria di Indonesia. Dan sebagai APM, hanya mereka pula yang berhak mengatur harga bukan yang lain. “Siapa pun itu, tidak berhak menurunkan harga tanpa persetujuan APM. Itu melanggar hukum. Kami sudah menyiapkan bagian legal untuk kasus ini. Karena hal ini sudah meresahkan konsumen dan diler resmi KTM Indonesia. Meskipun itu motor dari prinsipal kami, dan dari tahun 2015, kami tidak akan melayani servis dan penyediaan suku cadangnya…”.

Di satu sisi yang lain, PT. Penta Jaya Laju Motor lewat  Sales and Marketing Division Head Penta Jaya Laju Motor, Akhmad Z. Dalie menyatakan bahwa

Awalnya, KTM itu kan satu (APM). Hanya pergantian saja. Sebelum kita (PT Penta Jaya Laju Motor), itu namanya Moto KTM Indonesia. Setelah itu, sekarang policy setahun yang lalu, sejak IIMS 2015, itu kan sudah diumumkan bahwa KTM yang megang adalah dua perusahaan yaitu satu penjualan khusus untuk big bike sama dirt bike itu di Bali, Euro Moto Sport, satu lagi adalah penjualan street bike (Duke 200, RC 200, Duke 250, RC 250), itu kami PT Penta Jaya Laju Motor. Dan waktu itu (saat di IIMS 2015) juga sudah ada dari tim KTM Austria sendiri yang datang langsung..

Nah kalau seperti ini, bagaimana bakalan cerita berlanjut. Bagaimana nasib dikemudian hari yang sudah inden KTM Duke dan RC series. Bagaimana nasib spare part KTM. Semoga tragedi Bajaj yang tiba-tiba hengkang dari Indonesia dan menelantarkan konsumen setianya di tanah air begitu saja. Just info saja, saham KTM 48% nya dimiliki oleh Bajaj. Semoga berguna..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s