Apakah wajib “naik kelas” kalau sudah 250cc 2 silinder inline?

cbr250rr 01

Banyak kawan-kawan saya yang mengatakan bahwa kalau sudah bosan main 250cc ya harus naik kelas paling ga ke 500cc atau lebih. Ngapain tetap main kelas seperempat liter. Mungkin banyak juga yang berpikiran seperti kawan saya ini. Termasuk saya juga 🙂 Tetapi kalau diteliti lebih seksama sepertinya ga juga harus naik kelas.

Yamaha R25

Seperti yang pernah tulis disini, pasar 250cc memang sedang seksi banget untuk diikuti. Karena pabrikan paling besar di tanah air baru memutuskan untuk terjun ke kelas seperempat liter ini. Seumpama saya punya R25 atau Ninja 250, apakah harus langsung ke ER650 atau CBR500 atau Ninja 650? Kalau saya, saya akan ke CBR 250RR dulu. Saya ingin merasakan apa sih bedanya riding menggunakan Throtle By Wire dan menggunakan riding mode. Seperti info yang sudah beredar, fitur ini hanya ada di kelas moge. Jadi tidak ada salahnya sebelum memegang moge beneran, saya harus paham karakteristik 2 fitur ini. Nah kalau sudah bosan menggunakan fitur ini barulah saya berpikir kembali mau kemana selanjutnya.

Kalau disaat itu sudah ada 2 silinder konfigurasi “V” alias V-Twin, mungkin saya akan ke V-Twin ini dulu sebelum beranjak ke moge. Sampai paham karakteristiknya, barulah saya kembali berpikir kembali. Seumpama lagi ada 250cc 4 silinder inline, ya coba lagi sampai mentok.

2013-Honda-CBR600RR-Group-WING3679

Nah lain ceritanya kalau saat selesai explore CBR 250RR ternyata tak ada pabrikan yang mengeluarkan V twin atau 4 silinder, ya mau ga mau mesti naik kelas. Entah ke 500cc ataupun langsung ke 650cc. Kalau ada duit lebih silakan langsung ambil yang konfigurasi 4 silinder 600cc.

Demikian opini saya. Terima kasih..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s