Sharing pengalaman transfer antar negara

image

Hallo kawan.. Ketemu lagi. Kali ini saya akan sharing sedikit mengenai pengalaman melakukan transfer sejumlah uang ke luar negeri. Siapa tahu pengalaman saya ini bisa berguna untuk kawan-kawan suatu hati nanti.

image

Transaksi kali ini adalah melibatkan bank BCA dan OCBC Singapura. Pihak seller menerbitkan invoice pembayaran sejumlah dana untuk pembelian produk. Saat itu, pihak seller sudah mencantumkan beberapa informasi yang akan dibutuhkan saat proses transfer tersebut. Mulai dari nama bank, nomor rekening, rekening atas nama hingga swift code. Swift code ini adalah semacam kode yang berlaku antar bank di seluruh dunia. Jadi masing-masing bank memiliki kode sendiri. Khusus untuk OCBC Singapura ini adalah OCBCSGSG.

Oke karena semua info dari seller sudah lengkap, maka sekarang proses yang harus saya lakukan sebagai buyer. Bank yang saya gunakan adalah BCA Karena pihak seller meminta pembayaran menggunakan USD (Dollar Amerika) maka saya harus meng-kurs-kan Rupiah menjadi USD. Saat itu saya dapat di rate 13.450. Lalu saya dikenakan biaya Rp 50.000 untuk biaya transfer antar bank lintas negara.
Pihak BCA pun kembali menanyakan apakah dana yang dikirim ini ingin tiba utuh tanpa potongan? Tentu saya jawab iya. Lalu ke lagi biaya yang namanya Full Amount sebesar US$25. Nanti kawan-kawan akan ditanyakan untuk apa pembayaran ini secara detail. Bahkan kalau transaksi hingga US$25.000, invoice asli harus disertakan juga. Selain itu juga, karena saya menggunakan fasilitas Full Amount, maka saya diminta untuk mengisi formulir yang menyatakan kesiapan untuk di debet kembali apabila bank yang di luar negeri menerapkan aturan biaya Full Amount lebih dari US$25.

Ow ya saat melakukan transaksi ini tolong siapkan buku tabungan, kartu ATM dan kartu tanda pengenal. Ketiga hal tersebut adalah wajib. Jadi tolong persiapkan dahulu sebelum menuju ke bank. Sebenarnya ada 1 cara lagi yakni lewat Paypal. Tapi karena biaya yang dikenakan cukup tinggi yakni 4,5% dari nilai transaksi maka opsi ini saya hilangkan.

Demikianlah pengalaman saya. Semoga berguna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s