Aturan kualifikasi Formula 1 dikritik oleh pembalap

f1

Mulai musim 2016 ini, regulasi untuk kualifikasi penentuan grid start Formula 1 mengalami perubahan. Adapun aturannya adalah kualifikasi dibagi menjadi 3 bagian yakni Q1, Q2 dan Q3. Setiap 90 detik, pembalap yang memiliki waktu terjelek akan langsung tereliminasi hingga sesi kualifikasi selesai.

Kontan saja aturan ini langsung menuai kritikan dari para pelaku balap jet darat. Bahkan sang CEO F1 Bernie Ecclestone tidak menyukai cara kualifikasi yang berlangsung pada hari Sabtu ini di Sirkuit Albert Park Melbourne Australia.

Awalnya niat untuk merubah sistem kualifikasi ini adalah untuk membuat kualifikasi jadi lebih enak ditonton. Tapi harapan berbeda dengan kenyataan. Bahkan Manager Tim Mercedes, Toto Wollf mengatakan sistem seperti ini sampah karena ada aspek-aspek yang harus diperhatikan. Misalnya, jika suatu saat mobil tidak bisa dikendalikan karena kendala teknis tentu mereka akan langsung tereliminasi.

Pembalap tentunya ingin menghadirkan balapan yang menarik. Dan mereka berharap agar sistem ualifikasi ini tidak diterapkan pada kualifikasi di GP Bahrain pada tanggal 1 – 3 April mendatang.

Sumber: gpupdate.com | juara.net

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s