Opini mengenai (calon) New Yamaha R15

wpid-r15v2_walpaper2.jpg

Beberapa hari ini saya sempat blogwalking ke beberapa blog nasional yang membahas mengenai desas desus akan kehadiran pengganti Yamaha R15. Mulai dari desas desus penggunaan mesin DOHC, minor facelift, membuat sub tipe YZF 155 hingga Yamaha Xabre yang diberi fairing.  Kolom komentar pun selalu menarik untuk dibaca. Dibalik banyaknya “sampah” yang ada di kolom komentar, tetapi terselip beberapa komentar yang menurut saya oke juga diperhatikan.

Dari beberapa komen tersebut, salah satunya mengungkapkan bahwa Yamaha R15 sebenarnya masih oke. Rangka Deltabox, lengan ayun moge-look, buntut runcing it’s ok. Dan saya sependapat dengan hal itu. Yang memang agak mengganggu adalah desain fairing yang menurut saya sudah “old fashion”. Benar adanya tangki “kebanting” dengan bentuk fairing yang lebar. Maka dari itu jikalaupun Yamaha R15 harus di facelift, please facelift bagian fairing ini. Buatlah menjadi “up to date” dan tetap mempertahankan desain racy look karena R 15 adalah gen R-Series.

Perihal mau DOHC ataupun SOHC menurut saya tidak begitu penting. Bahkan katup VVA pun tidak menjadi penting asalkan harga tidak menjadi naik. Yamaha R15 adalah persinggahan pertama dari customer yang ingin “be a racer look” dengan budget yang terbatas. Apabila si customer ini nyaman dengan R15, maka dipastikan motor selanjutnya yang akan dipinang adalah R25. Contoh saja Kawasaki yang sukses membuat penjenjangan dari Ninja 150 hingga ZX 10.

Yamaha terkenal akan desainnya yang selalu mendobrak pakem yang ada. Karena dengan budget yang tidak sebesar Honda, maka diperlukan kreatifitas untuk menyusun line up yang sesuai dengan selera pasar. Ingat sekarang jamannya adalah pabrikan mengikuti kehendak pasar. Jikalau masih tetap ngotot dan pede tanpa mendengarkan kehendak pasar, ya tinggal menunggu waktu saja.

So demikian opini saya mengenai yamaha R15. Bagaimana dengan kawan-kawan sekalian?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s