Impresi konsul dashboard speedometer Suzuki Satria FU 150 Injeksi vs All New Honda CBR 150 R

speedometer satria F-150FI

Artikel saya kali ini adalah membahas mengenai impresi konsul speedometer digital yang digunakan pada beberapa motor keluaran paling terakhir di tanah air. Honda akan diwakili oleh All New CBR 150R, Yamaha akan diwakili oleh Yamaha Xabre dan Suzuki akan diwakili oleh Suzuki Satria FU 150 Injeksi.

Impresi saya kali ini tidaklah membahas seberapa besar penyimpangan yang terjadi antara penunjukan bar speedometer dengan aktual GPS. Tapi murni dari tampilan secara desain. Dan kalau sudah berbicara desain tentu ini balik lagi ke yang namanya selera. Kalau sudah selera, ya susah ngukurnya. Tiap orang akan mempunyai selera masing-masing.

Dan entah kenapa saya suka tampilan dari konsul speedometer Suzuki Satria FU 150 Injeksi. Tampilan padat, jelas dan bentuknya tidak neko-neko. Yang ditampilkan pun termasuk lengkap. Ada speedometer, odometer, rpm meter, penunjuk suhu radiator, jam, posisi gigi, dll. Kelengkapan ini ada juga di motor All New CBR 150 dan Yamaha Xabre.

 

speedometer Honda-CBR-150R

Saya kurang sreg dengan desain speedometer All New CBR 150R karena bentuknya yang serba meruncing dan terkesan sangat simpel.  Coba perhatikan gambar diatas. Terlalu sederhana menurut saya.

speedometer xabre

Kalau kepunyaan Yamaha Xabre, lebih oke tampilannya dibandingkan kepunyaan All New CBR 150R. Desainnya oke. Negative LCD nya juga merupakan terobosan baru. Cuma menurut saya kurangnya cuma satu. Penampakan huruf, bar meter pada rpm meter kecil. Padahal bentuk konsulnya lumayan besar. Seharusnya penempatan indikator seperti check lamp, Lampu netal, dll bisa diatur sedemikian rupa sebingga tidak mengorbankan panel indikator digital nya.

Demikian opini saya. Bagaimana dengan kawan-kawan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s