Perkembangan konsul dahboard pada sepeda motor

kr150k_ninjarr_speedo3

Dunia digital sudah mulai merambah masuk lebih dalam ke dalam dunia otomotif terutama pada roda dua. Dahulu konsul dashboard sebuah sepeda motor “batangan” hanyalah berisi speedometer, rpm meter, odometer dan penunjuk suhu radiator. Bentuknyapun terkesan monoton dengan garis desain utamanya adalah bulat. Tapi seiring kemajuan teknologi dan sengitnya persaingan, bentuk konsul inipun mulai berubah dan menyesuaikan dengan desain.

speedometer satria F-150FI

Contoh saja Suzuki Satria FU 150 Injeksi yang baru saja diluncurkan. Speedometer ini memliki berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh pemakainya. Mulai dari speedometer, rpm meter, penunjuk suhu radiator, posisi gigi, hingga jam pun ada. Singkatnya multi information display. Dan perhatikan bentuknya. Sudah mengikuti garis desain modern dan meninggalkan desain bulat seperti biasanya.

speedometer Honda-CBR-150R

speedometer MT09

speedometer yamaha-mt-07

Dan arah pengembangan konsul inipun sudah semakin canggih. Seperti akan diintegrasikan dengan dengan teknologi layaknya Google Glass yang mana tampilan konsul yang biasanya ada pada sepeda motor akan ditampilkan secara Head Up Display pada visor helm.

HUD 2

HUD 1

So let’s say selamat datang teknologi..

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s