Cara pendekatan berbeda dari Suzuki Satria FU 150 Injeksi

image

Kali ini Suzuki Roda Dua, menggunakan pola strategi marketing yang agak berbeda dari biasanya. Setahu saya biasanya, ada isu motor baru, TPT, lalu ada penampakan spyshot, launching + distribusi.


Tapi kali ini Suzuki menerapkan pola sedikit berbeda. Ada isu Suzuki Satria FU 150 injeksi, lalu TPT muncul, penampakan spyshot dan distribusi. Nah launchingnya malah belum dilakukan. Rencananya launching akan dilakukan tanggal 16 Februari 2016 ini.

Menurut analisa saya, keputusan Suzuki menerapkan pola seperti ini adalah membuat aware masyarakat pecinta roda dua bahwa Suzuki ada produk baru. Soalnya tidak semua pecinta motor mengikuti dan melek blog roda dua. Mereka lebih menyasar ke end user alias konsumen itu sendiri. Selain itu juga, mereka mempersiapkan seluruh divisi penjualan agar stok sudah ready. Begitu semua faktor pendukung dirasa oke, barulah motor di launching.

Setelah dilaunching, tentunya aware masyarakat akan lebih meningkat lagi. Dan beberapa konsumen yang kepimcut langsung bergegas ke dealer dan booommm.. Motor sudah ready. Jadi disini ada faktor

NIAT KONSUMEN + DUIT READY + STOK READY = PENJUALAN

Tapi pola seperti ini menurut saya ada efek jeleknya juga yakni momentum pertama kali saat spyshot muncul tidak bisa digunakan maksimum untuk “menggoreng” pasar. Malahan Suzuki harus bisa menciptakan momentum kedua saat launching nanti. Tentunya disini dibuuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi itulah resiko yang mesti ditempuh apabila mengambil jalan yang tidak populis.

Demikian pendapat dan analisa saya. Bagaimana pendapat kawan-kawan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s