Seri perawatan kendaraan: Penggunaan clay bar

qd n clay bar

Hallo kawan-kawan.. ketemu lagi dalam seri perawatan kendaraan. Kali ini saya akan membahas mengenai penggunaan clay bay untuk membersihkan motor/mobil kesayangan kawan-kawan.

ClayChart_3

Siapa yang tidak mau motor/mobilnya terlihat bersih, licin dan kinclong? Tentu saya rasa semua kawan-kawan pasti pengen. Tapi bagaimana caranya? Tentunya kalau mau cara gampang ya silakan bawa ke tempat salon motor/mobil/auto detailing. Lho kenapa tidak ke cuci motor? Sebentar saya jelaskan ya..

clayBar

Ada satu tahapan dalam auto detailing yakni claying. Claying ini dilakukan setelah motor/mobil dicuci bersih dan dikeringkan. Nah berlanjut ambil Quik detailer dan clay seperti gambar paling atas. Clay kalau dilihat secara fisik mirip sekali seperti mainan anak-anak yang namanya malam atau plastisin. Tapi ini berbeda ya. Berbeda bahan dasar pembentuknya. Clay ini berfungsi untuk mengangkat kotoran yang tidak terangkat hanya dengan mencuci saja. Tanda-tanda cat motor/mobil kawan-kawan harus di clay adalah coba sentuh dengan tangan apakah cat berasa seperti kasar ada kotoran nempel. Kalau iya berarti silakan di clay. Caranya simpel kok persis seperti foto diatas. Cuma semprotkan quik detailer ke bodi motor/mobil lalu usapkan clay secara merata. Apabila kotorannya terangkat, clay akan berwarna seperti dibawah ini.

clay bar

Awas clay jangan sampai jatuh ke lantai karena ditakutkan di lantai ada kotoran micron yang bisa menggores cat. Jadi kalau sudah terlanjur jatuh, buang bagian yang terkontaminasi. Sisanya bisa digunakan. Nah setelah diusapkan dengan clay, silakan keringkan dengan kanebo bersih. Untuk lebih afdol lagi, setelah selesai di clay, gunakan wax untuk menjaga ke-kinclongan cat. Simpel kan kawan-kawan..

Iklan

7 thoughts on “Seri perawatan kendaraan: Penggunaan clay bar

    • bukan plstisin mas.. bentuknya aja mirip plstisin tapi bukan. di dealer resmi meguiars ada tp rada mahal. di online shop juga ada. namanya clay bar. btw saya belum buat artikel kopdar kemarin 😦 masih gregetan ma valencia hahahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s