Beberapa Legenda MotoGP/GP500: Part.4 Kenny Roberts Sr.

kenny-roberts-action2

Sebelum memulai artikel ini, mungkin ada yang bertanya apa arti tulisan Sr, di belakang Kenny Roberts. Sr. tersebut artinya senior. Karena dalam perjalanan MotoGP/GP500 keluarga Kenny Roberts yaitu Kenny Roberts Sr. (ayah), Kenny Roberts Jr. (anak) dan Kurtis Roberts (anak) semua turun balapan di ajang balapan motor prototype ini. Yang kita bahas kali ini adalah sang ayah.

roberts1980

Kenny Roberts Sr. dilahirkan di Modesto, California, Amerika Serikat pada tanggal 31 Desember 1951. Kenny Roberts Sr. adalah orang Amerika pertama yang berhasil memenangkan titel kejuaraan dunia GP500. Selain di balapan motor prototype, Kenny Roberts Sr. juga mencatatkan diri sebagai pemenang A.M.A. Grand National Championship sebanyak 2 kali.
Selain tercatat sebagai seorang juara dunia, Kenny Roberts Sr. juga tercatat sebagai seorang yang concern terhadap keselamatan pembalap dan juga dikenal sebagai pemilik tim balap. Gaya membalapnya yang didasari oleh kesukaan “bermain” dirt track, membawa perubahan yang besar kedepannya dalam hal style gaya membalap.

kenny roberts

Kenny Roberts Sr. juga dikenal sebagai seorang yang pembangkang. Pernah tercatat Kenny Roberts Sr. membentuk event saingan dari GP series yang bernama World series. Hal ini didasarkan karena FIM (Induk organisasi motor roda dua dunia) menolak untuk merivisi tentang standar keselamatan pembalap saat berlomba. Walaupun akhirnya World Series yang digagas oleh Kenny Roberts Sr. gagal karena kesulitan tempat, tapi hal tersebut membuka mata para petinggi FIM untuk merevisi kebijakan tentang standar keselamatan pembalap saat berlomba. Dan akhirnya pada tahun 2000, FIM menetapkan Kenny Roberts Sr. adalah salah satu legenda GP.

robertsrheader

Iklan

2 thoughts on “Beberapa Legenda MotoGP/GP500: Part.4 Kenny Roberts Sr.

  1. Jadi inget Lorenzo nih, care banget dengan safety 😁
    Tapi niat banget ya sampe bikin tandingannya gp series. Berani mempertahankan keyakinan sampe akhirnya FIM pun menyerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s