Motor yang di launching mendahului masanya

suzuki_sprinter

Halo kawan.. Update artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa motor yang lahir mendahului masa nya. Lahir prematur kali ya kalau di dunia kedokteran. Saya mencatat ada beberapa jenis dan tipe. Kalau misalkan ada yang kurang, tolong dimaklumi ya kawan πŸ™‚

Suzuki Sprinter

Motor ini adalah mbah buyutnya Satria FU. Motor ini tanpa gembar-gembor menghadirkan sosok ayam jago yang saat itu
adalah hal yang biasa. Motor ini sempat menjadi incaran teman saya saat masih 3 SMP atau 1 SMA karena sosoknya yang “beda”. Pilihan saat itu hanya ada Suzuki Sprinter atau Yamaha Alfa Champ. Dan ingat ya kawan semua ini adalah motor 2 stroke.

Alfa Champ (1992)

Yamaha Alfa Champ
Kalau motor ini, saya agak blank karena populasinya termasuk sedikit di lingkungan saya saat itu. Motor ini berkatagori ayam jago (ayago) tetapi juga mempunyai saudara “sedarah” yang berjenis bebek yakni Yamaha Alfa.
Motor yang hadir di awal tahun 1990an ini menghadirkan pilihan bagi para penikmat motorsport tapi suka dengan gaya riding motor batangan.

TZM 150

Yamaha TZM 150
Saya masih sempat menyaksikan hadirnya motor sport keluaran Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang paling advanced saat itu dimasanya. Saat itu saya masih SMA kelas 2. Motor ini masuk secara CBU dari Malaysia. Harganya kalau tidak salah saat itu sekitar 17jutaan. Motor ini menghadirkan sisi lain dari sebuah motorsport dimana bentuk bodi yang sungguh mempesona dan sisi engine yang sangat superior dibandingkan rivalnya. Saat itu lawan TZM hanyalah ada RGR 150, NSR 150R (lampu kotak) dan RZR. Ninja saat itu sudah lahir tapi masih menggunakan engine “kelas 2” yakni KIPS. Karena harganya yang saat itu masih termasuk mahal untuk ukuran sebuah motor akhirnya motor ini gugur dengan sendirinya. Dan sekarang motor ini banyak dicari untuk di koleksi. Mbah dukun indobikermags.com sempat memelihara motor ini untuk beberapa waktu.

wpid-2002_FXR150.jpg

Suzuki FXR 150
Weleehhh.. Kalau ini sepertinya tidak usah dibahas lagi ya. Bagi saya ini adalah motor terbaik yang dihadirkan oleh Suzuki Indonesia hingga saat ini. Belum ada yang bisa menandingi aura FXR 150 pada line up Suzuki hingga saat ini. Motor yang hadir di jaman PresDir Suzuki Indonesi Soebronto Laras ini, sudah mengaplikasikan speedometer digital dan lengan ayun banana disisi kanan. belum lagi penggunaan velg yang tergolong lebar di masanya dan mesin yang advanced yang digunakan hingga saat ini oleh Satria FU karbu (tentu dengan penyesuaian).

honda-cs1

Honda CS1

Saat pertama kali motor ini di launching di tahun 2006 ini, jujur saya merasa agak aneh melihat penampilan motor ini. Bebek bukan. Motor sport jelas bukan. Enduro waduh ga mungkin. Jadi ini motor apa ya? Itu yang saya pikirkan saat itu. Dan ternyata 9 tahun dari lahirnya CS1, divisi big bike Honda Indonesia mengeluarkan lineup yang secara tampilan mirip dengan CS1 ini. Tapi platform nya berubah ke motor batangan dan masuk ke kelas CB. Untuk versi small bike nya belum ketahuan akan di realese atau tidak.

Baca juga artikel saya yang lain:

http://otomags.com/index.php/2015/10/08/pilihlah-wordpress-self-hosting-kalau-ingin-serius-ngeblog/
http://otomags.com/index.php/2015/10/07/ide-nyeleneh-tvs-bmw/
http://otomags.com/index.php/2015/10/06/value-itu-bernama-upside-down/
http://otomags.com/index.php/2015/10/06/flashback-perkembangan-motor-di-tanah-air/

Iklan

6 thoughts on “Motor yang di launching mendahului masanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s