Flashback perkembangan motor di tanah air

image

Selamat pagi kawan-kawan. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat ya. Ayo kita membahas mengenai perkembangan sepeda motor di tanah air terutama di masa tahun 1990an.

Bagi kawan-kawan yang lahir di atas tahun 2000 mungkin bakalan aneh mendengar yang namanya Honda astrea grand, Suzuki shogun, Yamaha Alfa, dll. Yup itu hanyalah beberapa dari sekian produk yang dilepas pabrikan ke pasar motor tanah air sekitar tahun 1990an.

image

Yang saya garis bawahi disini adalah bagaimana stagnannya teknologi yang diimplementasikan ke motor pabrikan. Ambil contoh saja astrea grand. Dari pertama kali launching di tahun 1991 hingga tahun 2000an praktis tidal ada perubaham berarti. Hanya permainan warna dan tambahan lampu stop menjadi pembedanya. Menurut saya ini terjadi karena terlalu dominannya market share dari sebuah pabrikan sehingga bisa mendikte pasar dengan produk yang itu-itu saja. Hanya untuk mendapatkan monoshock saja entah berapa generasi Honda tiger, Yamaha RZR, dll.

Semua itu berubah ketika di awal tahun milenium, salah satu pabrikan yakni Yamaha bisa melampaui pemimpin market share saat itu yakni Honda. Saat itu Yamah menggebrak melalui motor maticnya. Nah setelah itu perlahan-lahan kondisi “teknologi” yang disematkan ke motor pabrikan semakin membaik. Bukan hanya monoshock, tapi teknologi yang sebenarnya di luaran sana adalah hal yang biasa seperti water cooled, shutter key, mesin sohc, mesin dohc, acg, frame deltabox/twin spar bahkan kini suspension upside down sudah didepan mata.

image

Maka dari itu, persaingan alias kompetisi sangatlah bagus dan wajar asalkan fair play. Kalau ada 1 pihak yang terlalu mendominasi, yahhh siap-siap saja kita akan kembali ke jaman kegelapan roda dia. Semoga semua pabrikan selalu memberikan yang teebaik untuk konsumen di tanah air.

Iklan

5 thoughts on “Flashback perkembangan motor di tanah air

  1. itu bukan perkara monopoli atau bukan,
    lha di periode yg dianggap masa kegelapan itu yang lain emang pada kemana?
    ingetkan jaman garpu bikin sigma dan crypton,
    atau hokaido dan arashi?

  2. Ping balik: Value itu bernama Upside Down | Heyy..My NAme iS SuRyA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s