Sedikit informasi mengenai wax

20150424-231817.jpg

Selamat siang kawan-kawan. Atas masukan kawan-kawan yang sering berkunjung di blog ini, saya akan membahas sedikit mengenai wax. Sebelum membahas lebih jauh mengenai wax, alangkah baiknya kalau kawan-kawan mengenal dahulu apa jenis cat mobil atau motor kawan-kawan. Mengapa? Hal ini sangat berpengaruh kepada wax yang nantinya akan digunakan. Jenis cat secara umum ada 2 macam yakni glossy dan matte atau yang lebih dikenal dengan warna dof.

rc-banner1

m26

Untuk warna glossy, piliha wax nya relatif lebih banyak dan gampang di dapatkan. Wax yang biasa digunakan pada auto detailing biasanya menggunakan bahan dasar carnauba. Carnauba adalah tanaman yang tumbuhnya hanya di negara Brazil. Apabila sudah menjadi wax, akan memberikan perlindungan kepada cat sehingga cat mempunyai sifat seperti “air di daun talas”. Semakin banyak kandungan carnauba nya maka akan semakin mahal pula harga wax tersebut.

WAC_203_16-2

Untuk warna matte atau dof, di tanah air tidak terlalu banyak produk pilihan. Yang sering saya pakai adalah produk dari Chemical Guys. Fungsi dari wax inipun sama persis seperti wax yang digunakan pada warna glossy yakni menciptakan efek “air didaun talas”.

LARGE_akrapovic_vespa_gtv_gts_250_300gravura

Lalu kalau cat matte di wax menggunakan wax untuk cat glossy, apakah ada efeknya?

Jelas ada. Warna dof yang kesannya “kusam” akan berubah menjadi glossy matte. Warnanya terlihat tetap matte tapi kinclong.

Apakah wax bisa menghilangkan baret-baret halus pada cat?
Jawabannya tidak bisa. Wax itu hanya berfungsi sebagai protectant atau paint protection bukan sebagai paint correction. Kalau di manusia, wax itu seperti sun block.

Apakah wax akan bertahan selamanya?
Tentu tidak. Umur wax dalam melindungi cat pada mobil atau motor sangat ditentukan oleh keadaan sekitar termasuk cuaca. Semakin sering menghadapi cuaca yang ekstrim maka perlindungannya akan semakin cepat habis.

Berapa layer biasanya digunakan?
Standart nya hanya 1 atau 2 layer. Lebih dari itu tidak akan ada gunanya malah akan menjadi pemborosan.

Demikian sekilas tentang wax. Kalau ada yang ingin didiskusikan lebih lanjut silakan kontak saya.

3 thoughts on “Sedikit informasi mengenai wax

  1. Ping balik: clash of clans account for sale

  2. Maaf om mau tanya.. sya py vario red matte, kapan hari habis dicuci sya wax dg wax carnauba (cat glossy) tryta begitu kering ad warna keputihan gt, spt kotor.. apakah itu bisa dhilangkan? Dg ap? Soalx sdh dcuci lg tryta muncul lg wrna putih2x.. makasih ats saran dan petunjuknya

    • maaf baru respon mas bro. sepengetahuan saya, tekstur doff nya rusak itu mas bro. coba belikan wax khusus untuk warna doff. merk nya chemical guys. jet seal matte. warnanya biru. coba ditutup dengan wax itu mas bro.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s