Sedikit info tentang cat matte atau dof

vario_dk8000

Cat ataupun stiker bermotif dof atau matte, belakangan ini semakin banyak diaplikasikan ke kendaraan pribadi. Dahulu kendaraan militerlah yang paling sering menggunakan catr seperti ini. Tapi sekarang coba perhatikan para modifikator mobil yang rata-rata suka bereksperimen dengan menggunakan stiker dof bahkan pabrikan motor pun ikut mengeluarkan jenis cat ini.

rc-banner1

1354541073_461876449_2-Pictures-of--Carbon-fibre-car-wraps

Warna dof memang memiliki karakter yang kuat. Tapi dibalik kelebihannya itu, warna dof menyimpan potensi perawatan yang lebih extra dibandingkan dengan warna glossy atau yang lebih dikenal dengan warna kinclong. Warna dof sangat sensitif. Setahu saya cat ini sangat anti dengan yang namanya kotoran yang berbahan dasar oli. Sekalinya kena oli, maka saran saya segeralah cuci dengan menggunakan shampoo ber-ph netral. Tujuannya agar efek cairan kimia dari oli tidak sempat menembus lapisan pernis dof nya. Tapi ini sangat tergantung dari komposisi kimiawi oli yang menempel pada cat dof tersebut. Atau kalau ada yang punya Quick Detailer, bisa sesegera mungkin di aplikasikan ke cat yang terkena oli tersebut. Paling tidak pertolongan pertama ini tidak membuat cat dof terlihat lebih “rusak” lagi.

ducati-monster-diesel-06

Beberapa pertanyaan yang sering saya hadapi juga adalah apakah cat dof bisa di wax? Jawabannya sangat bisa. Tapi ada tapinya lho, wax nya butuh wax khusus warna dof. Karena khusus inilah harga wax nya menjadi sangat mahal. Jadi kalau ada yang menawarkan wax untuk warna matte atau dof ke kendaraan teman-teman, pastikan itu adalah wax untuk warna dof.

Apakah wax bisa dipoles? jawabnya bisa. Tapi ada tapinya lagi. Pad (busa untuk poles) dan product yang dipakai mesti khusus juga. Jangan sesekali menggunakan product untuk warna glossy ke warna dof. Efeknya kalau hal itu dilakukan adalah catnya menjadi glossy matte. So please becareful guys.

LARGE_akrapovic_vespa_gtv_gts_250_300gravura

Terus gimana caranya merawat warna dof. Paling simpel adalah care alias “perhatian”. Bila ada air segeralah seka airnya agar tidak menjadi waterspot. Apabila kena oli segera bersihkan dengan cara dicuci atau gunakan Quick Detailer. Tetap dicatat ya teman-teman, segala yang terjadi pada cat dof adalah menjadi “sangat spesial”. Jadi masih pengen dengan warna dof???

Iklan

8 thoughts on “Sedikit info tentang cat matte atau dof

    • ribet banget malah mas.. saya disini sering nerima customer yang car wash pake warna dof kayak gini. klo dah jadi kurang greng gitu mas hasilnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s