Perawatan warna matte alias dof pada vario 150

vario_dk8000

Selamat sore teman-teman.. Begitu masiv nya pemberitaan mengenai Vario 150 ini, sehingga tiap buka blog yang berbau otomotif pasti menemukan artikel yang membahas mengenai produk baru dari pabrikan Honda ini.
Kali ini saya tidak akan membahas mengenai spesifikasi, bentuk dan harga. Saya lebih tertarik membahas mengenai perawatan cat pada motor ini. Setahu saya, Vario 150 ini adalah motor yang ketiga yang menggunakan cat bergenre dof alias matte. Motor pertama yang saya tahu adalah Ducati Monster Diesel Edition berwarna hijau dof dan motor kedua adalah Vespa Primavera warna abu-abu dof.

rc-banner1

Layaknya cat dof yang ada di mobil, cat ini sangat sensitif. Dalam artian perawatan mesti sedikit extra.Cat seperti ini harus dijauhkan dari yang namanya produk-produk yang mengandung bahan minyak. Sekali tidak sengaja pas servis tangan mekanik yang belepotan oli memegang bodi motor, dipastikan tapak tangan itu akan berbekas terus apabila tidak cepat di netralisir. Begitu juga apabila motor ini terkena noda aspal, dipastikan untuk menghilangkannya dibutuhkan usaha extra keras untuk menghilangkannya agar tidak sampai merusak cat dof yang ada.

Yang suka perawatan cuci motor dengan menggunakan wax juga mesti hati-hati. Tidak sembarangan wax bisa diaplikasikan ke cat yang berwarna dof. Kalau sampai salah, maka sifat dof nya akan hilang dan berganti menjadi kinclong. So tolong hati-hati dalam merawat warna motor yang berwarna dof.

Artikel saya yang lain

Iklan

39 thoughts on “Perawatan warna matte alias dof pada vario 150

  1. Bagus artikelnya
    Jelasin dong admin, tentang penggunaan wax itu seperti apa? Karena wax saya tidak tahu
    Dipencucian montor tidak dijelaskan pakai wax atau tidak, langsung saja di pakai

    • Maaf baru sempat reply mas bro.. Kalau langsung ditimpa dengab stiker skotlet ga masalah bro. Cuma nanti biasanya (tidak selalu ya) pada saat melepas skotlet nya kemungkinan bekas lem nya menempel. Nah ini agak susah dibersihkan. Biasanya menghilangkan bekas lem paling gampang bisa menggunakan minyak kayu putih. Tapi karena ini cat nya ngedoff, tolong lebih teliti dan awas saat menggunakan agar cat dof tersebut tidak belang.

      • Brarti kalo uda di timpa pke skotlet cra brsihinnya jadi bebas gitu mau pke wax atau produk cuci mtor lainnya?
        Lha terus gmana mas kalo ada sisa2 lem pas nglepas skotletnyaa,,biar aman ngbersihin sisa2 lemnya pake apa yaa?

      • hallo mas bro.. klo sudah ditimpa dengan stiker skotlite, wax itu hampir ga ada fungsinya mas. kalau cuma dicuci saja, ga ada masalah.
        kalau cara yang paling simpel adalah dengan air sabun. tapi dengan catatan lem nya tidak begitu lengket. kalau sudah lengket banget, pake produk bug and tar remover dari meguiars. nah itu bisa membantu mas.. semoga jawaban saya ini bisa membantu ya mas.. kalau masih ada yang mengganjal silakan message saya lagi.. terima kasih..

    • polish atau wax selalu diaplikasikan (kalau bisa) setelah di wash. tujuannya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. khusus utk warna matte, saran saya jgn di polish karena tekstur matte akan hilang. wax juga begitu. pastikan menggunakan wax yang khusus untuk warna matte. klo tidak yarna matte nya akan berubah menjadi glossy matte. thx.

    • Goresannya apakah menjadi sekedar lecet atau catnya terkupas bro? Klo cm sekedar lecat ga parah, coba saja pakai wax khusus warna doff. Hati2 jgn dipoles krn textur doff nya bisa hilang. Klo catnya terkupas ga bs diapain bro. Mesti cat ulang.

  2. Kalo misal nya bodi abis kena kit semprot bodi nya warna dof biar ga belang gimana cara ngilangin nya Bro

    • Harusnya ga boleh kena kit semprot bro. Krn kit semprot itu biasanya memunculkan efek glossy bukan mate atau doff. Itulah susahnya warna doff. Pilihannya agar ga belang hanya ratakan kembali dengan kit semprot tersebut atau coba bersihkan dengan APC (tergantung tingkat keparahan kondisi catnya)

    • setahu saya, dealer honda punya spek cat yang sama utnuk setiap varian motornya. kalau di bali, astra motor cokro punya layanan ini. kalau di tempat cat umum, saya rasa harus campur cat mas. catnya harus 1 panel ya mas. jgn cuma sekedar dibagian baretnya saja. takutnya belang. semoga membantu. kalau di bali bisa meluncur ke muji motor.

    • di wax saja cukup bro. tapi wax nya pake yang khusus untuk cat doff ya. jgn wax untuk cat yg glossy. biasanya penandanya adalah “matte wax”. chemical guys punya wax untuk warna doff. selamat mencoba bro..

  3. boss mau nanya nih,,
    vespa adventure punyaku warna desert cream matte,pas kejatuhan helm luka kelihatan warna primernya atau basenya gimana cara supaya agar samar catnya dan pakai wax atau cara lain boss, trimss

    • halo mas.. menurut saya cat yang sudah luka apalagi cat matte hampir dipastikan ga bisa “diperbaiki” kecuali di cat ulang mas. saran saya untuk menyamarkan agar tidak cat ulang, mungkin mas bisa pasang decal (stripping) yang mengenai cat yang luka tersebut. tapi decalnya yang masuk akal jgn cuma di pasang stiker di tempat cat yang luka. kalau gitu sama aja jadinya hehehehe.. demikian saran sederhana saya mas. semoga berguna..

  4. Saya mau mencoba ngasih pengalaman saja karena saya baru beli produk ini bulan januari 2017, selebihnya boleh di CMIIW karena hanya teori saya. Cat warna doff/matte tepatnya … jangan dikasih kit (jadi lebih hitam nantinya ngga glow, kalo kotor ntar warnanya ada bintik-bintik putih seberti bedak gtu lho) … klo udah kena kit, jangan diteruskan, cuci lagi, terus jemur.
    Pengalaman saya, bagusnya habis beli langsung dicuci dengan kit wash&glow (yang pH balance itu lho) 2 sachet … pake 2 spons (busa) yang ukuran sedang – yang murah saja banyak dijual borma. Untuk yang di atas (1) buat body yang bersih – dan kotor (1) buat yang di bawah. Setelah itu lap pake jenis handuk (ato microfiber bahasa kerennya) (1) buat seka yang basah dan (1) kering (harga handuknya 10 ribuan 1) buat seka noda basah yang mengering. Bagian spion cukup dibusa lalu disemprot, lalu sekali diseka bersih (jangan sampai lapnya ada minyak). Jok jangan di kit, nanti licin, cukup dilap basah. Dalaman jok jangan dibanjur, cukup di lap dan di tutup saja saat dicuci (biar tangki bensin ngga kemasukan air).
    Bagian yang plastik warna hitam (seperti dek depan), CVT, pelindung knalpot, dek atau karpet kaki, spatbord belakang & dashboard kasih pengkilap ban biar hitam mengkilap (buatan kit yang high gloss bagusnya), olesnya pake busa lebih enak, sekalian bagian bannya juga biar kilap.. Bagian doffnya jangan sampai kena kit, apabila terkena minyak kit, cukup diseka pake handuk yang kering. Ingat jangan sekali-sekali dikit cat doffnya, apalagi full body.
    Untuk perawatan berikutnya, kalo kotor cukup dicuci pake shampo kit wash&glow (yang pH balance, paling murah lha), bagian dek dikilapkan pake kit (dek bagian bawah depan sering lecet terkena kaki, lebih baik di kit lalu tutup sticker).
    Kedepannya saya kasih saran, karena baru seminggu saya pake motor sempat terjatuh .. hehe! … Bagian spatbord depan langsung dipolet, bagian tameng depan polet juga (pake warna doff lagi boleh) … soalnya bagian ini paling depan dan sering luka. Beli selimut/cover motor biar ngga kena panas dan hujan,atau minimal debu yang buat cat jadi kucel, dan minta dicuci lagi … hehe.
    Jadi klo baru beli cukup dicuci (lalu diwax/perlindungan cat bahan natur) lalu dikerudungin biar ngga kena debu (cucinya seminggu sekali klo tiap hari dipake) … Bahan2 perawatan yang sangat membantu ya itu, spons busa buat busanya banyak dan handuk buat ngeringin noda sisa. Murah meriah .. Cuci seminggu sekali biar ngga terlalu repot & keblinger … jangan mau direpotin sama motor .. hehe, plastik semua kok (plastiknya banyak dijual di bukalapak sekira 200ribuan per-part) … Tapi gapapa cuci motor sendiri biar olahraga daripada bengong. Kita lebih alert sama motor, dan klo bersih mengkilap, jadi pede bawa motornya!! …… Tapi jangan terlalu semangat yaa nyucinya … nanti lecet

    • thank you sharingnya bro. klo boleh sedikit saya tambahkan dan koreksi ada di beberapa bagian
      1. sebenarnya shampoo untuk warna matte itu ada. cuma harga nya yg termasuk mahal untuk personal use di rumah. so jadinya shampoo ph balanced masih relatif aman.

      2. klo bisa jangan pake spon bro. karena spon itu ada pori2 yang bisa menyebabkan debu/kotoran yang kecil nempel dan berpotensi untuk membuat baret cat motor. saran saya gunakan washmitt. washmitt itu bahannya seperti microfiber. di ace hardware ada yg jual kok.

      3.hati2 dengan microfiber bro. microfiber juga ada tingkatannya. klo bisa cari yg lebih halusan bro. soalnya kalau salah microfiber, potensi membuat cat baret besar banget. dan jangan lupa dicuci kalau sudah kotor agar tidak terjadi kontaminasi kotoran.

      4. menurut pengalaman pribadi saya, merek kit itu termasuk sangat abrasif bro. maaf bukan menjelekkan tapi begitulah pengalaman saya. bisa gunakan produk alternatif yang lbh spesial utk perawatan. yang harganya terjangkau ada merek turtle wax. lalu mahalan dikit ada 3M dan klo ada duit lebih bisa pake Meguiar’s. coba rasakan bedanya bro. asli beda banget.

      5. plisss.. ban jangan di hitamkan karena bisa berpotensi celaka alias jatuh karena bannya licin. cukup cuci dengan shampoo dan keringkan. klo ngotor ingin terlihat hitam, pastikan yang “disemir” hanya bagian dinding ban. jangan kena hingga tapaknya.

      6. cat doff boleh di wax kok bro. tapi wax nya special. jangan pakai wax sembarangan. boleh di coba merek chemical guys. botolnya warna biru. itu wax sangat spesial utk cat warna doff.

      7. kata penutupnya keren bro hahahahaha..

      8. udah pernah cuci steam? di blog saya ini pernah mengulas masalah cuci steam. boleh juga dicoba itu bro. rasakan bedanya hehehehee..

      btw nice share bro :topbgt

      • Mas bro… saya udah pake 3M kurang kerasa hasilnya produk yang interior dressing dan pengkilat bannya 40-50 ribuan (mungkin karena beli di borma kalee.. dapet yang kw) … Ntah kenapa malah lebih kerasa joss produk kit (dari 2 generasi kendaraan saya sebelumnya) … kalo yang turtle wax (ijo) boleh tuh, saya belum coba … yang meguiars ampyunnn mahalnya mas bro 200-300an !! … kalo menurut saya daripada sibuk2 eksperimen sama bahan kimiawi … mendingan di skotlet/polet (warna doff hitam) full body (kurang lebih 200ribu) hasilnya lebih bagus dan gak perlu phobia kena gesek segala .. hehehe (untuk hasil yang lebih rapi saya tau tempat polet yang bagus (bandung) .. nempel dan motongnya rapih dan pake hairdryer) … kalo cuci steam saya kurang suka, bisa stickernya lepas, air masuk knalpot, bersih sih … tapi performa motor injeksi jadi berkurang (jadi sering-sering service) … But thanks ya dapet diskusi yang bagus di sini … Motor baru siiiihh πŸ™‚ πŸ™‚

      • Siappp mas bro.. balik lagi ke kenyamanan. Klo ada rejeki dicoba aja semua mas. Saya juga dulu gitu hehehehe.. siiiaappp.. nanti klo ada update2 terbaru kita diskusi lagi mas..

  5. jadi om bahan perawatan buat doof/ mate grey apa aja nama dan tipenya jika kita beli nanti nya..
    dari sampho nya terus wax nya apa aja namanya om..
    setelah saya googling merk yang di sampaikan di atas hasil pencariaannya banyak banget om , jadi bingung.

    • klo shampoo bisa pake gold class shampoo nya meguiars. aman kok, nah klo wax nya bisa pake dari merek chemical guys yg khusus warna doff/matte. warnanya biru. nama produknya jet seal matte.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s