Opini : pasar big scooter di tanah air bisa laku jika…

Dan lagi-lagi terinspirasi tulisan mas arantan tentang big scooter, otak saya jadi berpikir juga. Ini hanyalah opini pribadi saya tentang big scoot.

image


Secara model big scoot memang mantab dan gagah. Jauh dari kesan feminim yang biasanya ditonjolkan oleh mini scoot alias motor matic dengan kubikasi kecil. Dari penampakannya juga sudah terlihat kalau kenyamanan sudah pasti bisa diperoleh bila riding dengan big scoot ini.

image

Lalu apakah kalau masuk ke indonesia motor ini laku? Menurut saya laku. Cuma kurang tahu bakal seberapa besar yang diserap pasar. Big scoot yang jepang dan eropa mulai dari 250cc harganya dipastikan bermain di atas 100 jutaan. Kalau mau yang pahe bisa lirik produksi taiwan yang masih lebih terjangkau.

image

Tapi apakah bisa big scoot yang harganya sangat mahal tersebut dibuat lebih terjangkau? Saya rasa bisa. Yang membuat motor-motor ini mahal karena full CBU dari luar ASEAN. Kalau ada yang memproduksi di lingkup asia tenggara dijamin harga bakal lebih ramah.

Tentu masih ingat kan kasus ninja 250 diawal-awal kemunculannya. Dimana saat itu 250 masih dianggap mimpi. Bahkan ada pabrikan yang mengatakan 250 tidak cocok untuk Indonesia. Tapi buktinya KMI berhasil mendatangkan ninja 250 dr negara tetangga dan berhasil menjebol pasar dan menjadikan ninja 250 market leader di kelas 250 dan simbol motor kencang.
Lalu hantaman selanjutnya di kelas 650cc. Er6 dan ninja 650 mendapat sambutan yang sangat bagus.

Big scoot mungkin bisa mencontoh dari ninja 250 dan duo er6 tersebut. Pertanyaannya sekarang adalah siapa yang mau menjadi first mover?

Iklan

4 thoughts on “Opini : pasar big scooter di tanah air bisa laku jika…

  1. Pada saatnya nanti big scooter akan jadi motor ‘biasa’ sejamak Ninja-250, asal harganya main nggak jauh-jauh dari Ninja-250.. Bukan apa-apa, orang tentu akan ngebandingin harga ‘motor-gede’ yang udah populer dulu untuk memperkiraan harga wajarnya

  2. SYM udah mulai dengan Joymax 250cc, nah tinggal tunggu AHM berani gak masukin Forza 300cc terus Yamaha masukin T-Max atau X-Max atau Majesty dulu deh yg 155S….Suzuki coba suruh rakit Skywave 250cc dan 400cc di sini….dan PIaggio suruh CKD MP3 dan X10 di Vietnam juga baru deh pasar skutik mid-maxi rame….cuma satu masalahnya…tetep aja gak boleh masuk jalan tol….padahal pake PCX aja di jalan tol udah enak apalagi boleh pake Skywave 250cc……(ngimpi aja dulu)…

    • Klo di bali gosipnya jalan tol boleh dimasukin motor mas. Cm ga tau deh bener ato ga. kita tunggu juni apakah bener ato ga isu tsb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s