Bisa ga ya kerjasama model toyota avanza dan daihatsu xenia diterapkan di ranah roda dua

Avanza – Xenia. Siapa yang tidak tahu akan keberadaan mobil yang mempunyai bentuk fisik eksternal yang hampir mirip.

image

image

Selain avanza xenia di indonesia, toyota juga bekerjasama dengan pabrikan jepang lainnya yakni subaru dalam memproduksi mobil yang mempunyai kemiripan dalam bentuk fisik ataupun engine nya. Yup toyota 86 dan subaru brz. Tapi berbeda dengan avanza xenia, 86 dan brz ini dibuat untuk pasar global.

image

Nah lalu saya sempat terpikir, apakah pola yang sama bisa diterapkan ga ya untuk pabrikan roda dua di tanah air? Jikalau bisa, tentu sangat bisa menghemat biaya R&D pabrikan. Menurut teman-teman gimana?

Iklan

13 thoughts on “Bisa ga ya kerjasama model toyota avanza dan daihatsu xenia diterapkan di ranah roda dua

  1. Setahu saya saat ini Toyota sudah invasi di roda 2 melalui Yamaha mas… Karena saham Yamaha sekarang mayoritas dimiliki oleh Toyota… cmiiw

    • Wahhh.. Jujur saya baru tau ni mas. Klo gt toyota nya blm 100% support yamaha dunk. Coz yamaha nya sempat mengalami kesulitan dana beberapa tahun blakangan ini

  2. klo daihatsu memang anak perusahaan Toyota yg memproduksi mobil penumpang untuk Toyota (Selain innova n fortuner). sedangkan truknya dibuat oleh Hino. sbg contoh Daihatsu Gran Max diekspor ke Jepang dengan merek Toyota Town Ace.
    dsini rata2 Pabrikan motor masing2 berdiri sendiri, tidak ada kepemilikan saham antara satu dengan lainnya. kalo di luar ada MBK yg sebagian sahamnya dimiliki Yamaha sehingga keduanya memiliki produk kembar layaknya Xenia-Avanza ato Rush-Terios.
    cmiiw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s