Buat sirkuit F1 di antara jalan tol di bali? Yang bener ah..

image

Setelah baca blognya mas arantan disini, jadi tertarik ikutan rembuk juga neh. Dikutip dari Tempo disini Pertama, di antara jalan tol yang ada di Bali. Kedua, di tengah kota Jakarta. Ia mengungkapkan, ada jalanan di Jakarta yang biasa digunakan sebagai ajang kebut-kebutan. Jalanan itu, kata dia, memiliki aspal dan kualitas “track” yang memungkinkan untuk dijadikan sirkuit F1. “Hanya tinggal dikasih tikungan dan tribun,” kata Roy. Ia pun menuturkan, jalanan tersebut kelak bisa ditutup pada Sabtu dan Minggu untuk menjadi sebuah “open-close circuit”. Saya tertarik akan komentar pak menteri “diantara jalan tol yang ada di Bali…” Bukannya tidak mendukung, tapi disebelah mananya mau dibuat ya? Setau saya jalan tolnya diatas perairan alias diatas laut sehingga namanya Jalan Diatas Perairan (JDP). Kalaupun dibuat di sekitarnya, berarti jalan bypass ngurah rai akan ditutup beberapa kilometer yang artinya menutup salah satu jalan utama. Kalau dibuat di daerah pelabuhan benoa, mungkin bisa aja. Tapi kayak apa tracknya ya? Jalan disana cuma lempeng doank dan itu berarti harus buat jalan baru yang artinya harus mereklamasi laut. Wah WALHI bali bisa teriak lagi tuh. Kalau mau buat sirkuit di bali mending di daerah bukit saja. Desas desusnya tommy soeharto banyak tuh punya tanah disana. Daripada memaksakan buat sirkuit tengah kota tapi mengganggu aktifitas masyarakat luas.

Iklan

20 thoughts on “Buat sirkuit F1 di antara jalan tol di bali? Yang bener ah..

  1. bikin jalan tol kan mengurangi macet
    kalo seandainya jalan bypass ngurah rai ditutup sabtu minggu bisa dibayangkan apa yang dapat terjadi

  2. emang solusi yg paling masuk akal, g’ mengganggu aktifitas umum ya di daerah tanjung benoa. di reklamasi pantainya. WALHI teriak sudah pasti, karena namanya pembangunan pasti kontra dgn lingk hidup.
    IMHO mgkin alternatif lain adalah di daerah Jembrana atau Tabanan. sehingga pembangungan Bali melebar, tidak tersentralisasi di Denpasar ato Badung. sehingga efek kemacetan pun terurai, bukan malah menumpuk. asal by pass soka-badung sdh terealisasi (selama itu belum.. ya tdk ada win win solution)

    • Klo jembrana kayaknya susah mas. Soalnya logistik “sirkus balapan dunia” kan berkontainer-kontainer. Nah kt cm punya bandara di bali selatan. Alhasil mereka harys melewati jalur tengkorak di daerah tabanan. Klo badung sih setuju. Aksesnya deket tuh ke bandara n jalur darat pun oke. Dan klo nonton deket rumah wakakakaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s