Warning: untuk yang senang servis sendiri motor kesayangan dirumah

Malam temam semua. Sebenarnya berita ini saya terima hari sabtu kemarin by sms. Sang pengirim adalah ketua cbr club bali bro paul. Isi beritanya adalah salah satu member cbr club bali yakni bro wanto mengalami musibah dimana jarinya putus! Dalam hati kaget membaca beritanya. Berhubung sedang diluar kota jadi ga bisa langsung menjenguk.

image

Hari ini saya baru sempat menjenguk bro wanto. Jadi seperti ini kronologinya.
Saat itu wanto sedang membersihkan rantai motor ninja 250 nya yang sedang di dongkrak menggunakan dongkrak paddock dan mesin dalam keadaan hidup perseneling masuk gigi 1. Rantai terlebih dahulu disemprot dengan menggunakan chain cleaner. Tapi berhubung chain cleaner nya kurang afdol maka dibarengin dengan membersihkan menggunakan sikat. Selesai itu, lalu dibersihkan dengan menggunakan lap.

image

Nah saat inilah kejadiannya. Secara tidak sengaja tiga jari wanto yakni jari tengah, jari manis dan kelingking nyangkut antara gir dan rantai. Kebayang ga teman-teman? Ampunn dahhh. Pasti sakit banget. Katanya sih hingga mati rasa. Nah setelah itu entah kenapa tiba-tiba motor pake ambruk lagi dari dongkrak paddock. Jadi dengan tangan kanan dalam posisi jari terjepit antara rantai dan gir, tangan kiri berusaha meraih kopling dan kaki berusaha untuk menetralkan gigi. Dan gigi berhasil netral. Lalu pelan-pelan ban diputar agar jari bisa terlepas dari jepitan gir dan rantai dan berhasil. Darah segar mengucur dari jari wanto. Lalu segera wanto ke rumah sakit untuk rontgen dan mengobati lukanya. Jari tengah dan jari manis syukurnya tidak parah. Cuma dagingnya sobek dalam. Tapi jari kelingkingnya pas di bagian sekitar kuku putus.

Lalu malam itu teman-teman cbr club bali datang menjenguk. Dan saat mereka mengobrol dan reka ulang kejadian, tahu ga apa yang mereka temukan? Yup sisa jari kelingking wanto yang masih nyangkut di gir dalam kondisi sudah gepeng. Bahkan saat saya mengambil foto diatas, wanto menawarkan untuk melihat foto jarinya tersebut. Lalu saya jawab makasi. Ngeri brurrr..

So untuk teman-teman yang senang mengutak atik motor dirumah, konsentrasi sangat diperlukan. Memang apes ga bisa ditolak. Tapi sebisa mungkin dalam mengutak atik motor safety tetap diutamakan walaupun dalam hal terkecil. Semoga berguna..

Note: untuk wanto, cepet sembuh ya bro.. Puasa dulu naik motor nya. Biar istirahat dulu cbr150 “si kuning” dan ninja250 nya.

Iklan

25 thoughts on “Warning: untuk yang senang servis sendiri motor kesayangan dirumah

  1. paling sering memang kejadian jari kejepit rantai + gir gara2 membersihkan dalam kondisi mesin hidup & masuk persneling..
    jadi ya mending jangan nyalain mesinlah….
    tetap hati2 aja…

  2. saya turut prihatin dan semoga lekas sembuh lukanya.
    sebagai pelajaran bagi kita.
    untuk para biker pemula: memang membersihkan rantai tidak dianjurkan mesin dalam keadaan menyala apalagi persneling masuk karena roda akan terus berputar, terlebih pada motor bertenaga besar. rantai memiliki permukaan yang kasar dan cenderung daya geseknya besar, jika terpaksa menggunakan lap bisa diaplikasikan ke rantai bagian atas sehingga jari akan aman (dengan membukan penutup rantai terlebih dahulu tentunya). sebaiknya gunakan bensin dan kuas saja. lebih cepat bersih dan irit pakai solar, tapi tidak direkomendasikan karena solar masih mengandung banyak minyak tanah.
    sekedar berbagi.

  3. sama kejadiannya ama temen ane, pas lagi ngelumasin kebo nya…ya keep safety aja deh…dan waspadalah…waspadalah…

  4. Kudu extra hatr2 gan, Anaknya sodara ane malah 2 jari kakinya putus! Gara-gara manasin mesin pake masukin gigi, tau2 anaknya (brmaksud naek mtr) nginjeknya di rantai yg lagi muter. Maka trjadilah…..

      • He…he… tapi kenapa ya mas mereka cuman ngasih oli rantai aja harus ngidupin mesin jg….?

      • iya mas. saya juga sempat mikir. apa karena agar ga capek muter roda ya. jadi klo mesin idup kan roda muter sendiri. jadi tinggal melumasi ranatai aja. klo saran saya sih setelah kejadian teman yg kemarin tuh, mending lumasin rantai saat mesin mati aja deh. repot tapi aman.. setuju kan mas???

  5. Kejadian ini sama persis dengan kondisi saya ini. Tapi untungnya jari sy tidak sampe putus seperti temen bro. Cuman daging nya sobek aja di bagian telunjuk kiri. Padahal sy ingin lebih bersih2 motor kesayangan pas weekend. Tapi malah terjadi kaya gini. Kejadian baru sabtu kmrn. Masih ngilu2 gimana rasanya ini jari. Pelajaran bagi semua ya temen2, jangan pernah bersihin rantai motor dengan tangan atau jari langsung. Lebih baik menggunakan kuas or sikat or something. Asalkan jgn sampai contact langsung dengan gir dan rantai… πŸ™‚

    • Aduhhh ngebayangin aja dah ngeri bro.. Iya nih utk teman2 yang lain semoga bs diambil hikmahnya dr kejadian teman2 kita saat membersihkan rantai motor. Always safety first..

  6. kejadian ny sma ama ane cuma beda ny ban motor yg muter temen T_T ( gak sengaja ) … kejadian begitu cepet n kondisi motor ane yg udah pake gear tipis merek 3S … jd gak berasa klo jari telunjuk putus satu ruas #takdir nih yg mau liat hasilny.. :p http://i750.photobucket.com/albums/xx149/Mimpi_Ryan/Putus_zps90fc62b5.jpg

    saran :
    buat temen2 bikers lebih berhati2 n fokus aj deh klo udah bermain-main sma yg namany rante, gear dan sejenisny yg berhubungan sma jepit menjepit hahahaha

    salam satu aspal..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s