Ada apa dengan vario 125?

image

Tiga hari kemarin si ek alias 8900 masuk meja operasi. Kronologisnya seperti ini. Jadi saat istri pulang kampung ke denpasar, otomatis si ek ini adalah kendaraan harian. Naik mobil? Aduhh bukan sebuah pilihan bijak jika berkendara di denpasar saat siang hingga selesai jam makan malam. Waktu bakalan habis dijalan.

Nah saat dipakai kendaraan operasional inilah vario 125 jebolan mei 2012 mulai kurang nyaman dipakai. Sebelumnya sudah mulai terasa tapi tidak parah. Apa karena dipakai sendiri kali ya. Nah saat dipakai berboncengan percaya ga percaya kecepatan vario ini hanya 70km/jam. Lewat dari itu dijamin brebet seperti ada yang meng-cut pembakaran. Disentak pun tak ada gunanya. Alhasil teknologi yang katanya tercanggih ini dijalan diasapi oleh oleh para saudara tuanya dari golongan metik dan bebek.

Lalu tiga hari kemarin ini saya bawa ke bengkel resmi. Pertama saya datangi bengkel resmi di depan puri pemecutan. Lalu saya bercerita tentang masalah yang saya hadapi dan mereka menyarankan untuk langsung ke honda pusat di astra motor ubung. Lalu saya kesana dan bertemu dengan kepala teknisinya. Panjang lebar dia bercerita dan intinya motor saya bermasalah di busi. Dan yang buat saya kaget adalah ini PENYAKIT BAWAAN VARIO 125. WTF!!! Karena saat itu lagi sedanf rame disarankan saya untuk kembali sore hari dengan membawa stnk n id card untuk klaim busi secara gratis. Lalu saya jawab inti masalah nya apa pak? Klo cuma busi bisa saya beli sendiri. Tapi apa iti menyelesaikan masalah. Dan jawaban bapak otu tambah buat saya kaget. Gini katanya “ORANG AHM JAKARTA SUDAH PERNAH KE BALI DAN MEMCARI TAHU APA MASALAHNYA TAPI MEREKA BELUM MENEMUKAN JAWABAN ATAS MASALAH TERSEBUT”.. WTF!!! ternyata di saat itu ada 3 orang yang mengalami masalah yang sama. Itu masih di pagi jari sekitar pukul 9 pagi.

Lalu saya beranjak ke bengkel resmi langganan di dekat perempatan jln teuku umar dan marlboro. Saya tanyakan lagi ke mekanik langganan saya yang kebetulan merangkap kepala mekanik. Dan penjelasannya sama persis dengan yang di astra motor td. Ya udah kendaraan saya langsung dipegang oleh mekanik langganan saya itu sekalian menyerahkan ktp plus stnk nya untuk klaim busi free. Lalu saya ketemu customer disana juga yanf kebetulan lagi servis gratis yang pertama vario 125. Dan ternyata bapak itu mengalami hal yang sama. Tapi bedanya dengan saya, bapak itu mengalami di kilometer seribuan. Sedangkan saya di tiga ribuan.

Singkat cerita si ek selesai diservis. Dan saya tes dan vario 125 saya ini kembali ke performanya. Lalu saya bertanya lagi tentang apa yang ditemukan saat servis tadi. Mekanik tersebut berkata cuma ganti busi saja. ECU juga sudah diset ke mode 1. Trus saya tanya lagi kalau misal mrebet lagi gimana. Dijawab lagi bawa sini aja. Klaim lagi businya. Dalam hati cuma mikir aja sampai kapan ya masalah ini? Mosok AHM ga bisa ngatasi rek!! Ya udah selese semua urusan administrasi saya ngeluyur pulang. Saat diservis ini kilometer si ek ada di bilangan 3300an. Kita lihat berapa lama busi ini bertahan :)?

Apakah ada teman-teman yang lain mengalami masalah yang sama?

Iklan

120 thoughts on “Ada apa dengan vario 125?

  1. Punya saya juga…busi pertama udah ngadat cuma di km 900an…pas servis km 1000 diganti busi nya pake yg tipe 24…katanya bisa tahan 1 – 2 taonan…ternyata skrg baru km 2200an udah mulai kerasa lagi nyendat2 nya….waduhhh ada apa nih ama vario baru niiii….

    • Wah sama seperti customer yg saya ajak ngobrol di ahass cokro. Saat servis pertama busi dah minta ganti coz dah ngadat2. Saya ngadatnya di kilometer 1200 bro. Iya neh saya jd bertanya2 jg ada apa ya dgn vario 125 kita semua

      • bukan itu aja, aku punya vario thn 2013 ,baru aku pakai beberapa km oli digardan tercampur air radiator dan bunyi aneh setah digas dan ditutup, satu lagi indikator panel bensin susah menunjukan full walau tangki di isi full , jadi sial aku tidak percaya omongan orang bhwa vario 125 membawa 1000 masalah

    • halo gan,, cb iseng jelasin nih mengenai troble vario 125cc,, sebenarnya ane mekanik mobil, tp troble nya sama persis dengan mobil injeksi atau yang sdh vvti maupun vtech.
      vario 125 mungkin bermasalah dengan pengapiannya.. kemarin ada dua vario 125 milik tetangga ane jg anduut2an saat akselari,, ane cb rapetin celah busi menjadi 0.50-060mm,, tujuanya agar loncatan bunga apinya biar nyampe ke ujung busi,, krn jika busi setengah modar.. dengan celah standar 0.80mm bunga api akan pecah ke samping atau tidak fokus ke ujung,

      kenapa bisa terjadi anjut-anjutan,,??? sekarang cb ane jelasin dikit asal usulnya,, hehehe…
      ***saat kita buka katup gas lebar,, asupan udara yang masuk akan lebih banyak,, dan sensor yg terpasang pada trotle body dan intake manifol akan membaca kecepan udara yang masuk ke intake manifol dan pembukaan katup gas(trotle), nah sensor ini akan memberi sinyal ke ecu,,karna adanya kecepatan udara dan pembukaan trotle yg banyak,, otomatis ecu memerintahkan injektor untuk mensuplay bahan bakar lebih banyak juga ke ruang silinder (ruang bakar),, karna loncatan bunga api yang kurang bagus (api kurang besar) akan terjadi pembakaran yang tidak sempurna alias tidak terbakar semua,, otomatis ledakan di ruang cilnder kurang besar juga,.. inilah penyebabnya mesin jd anjut-anjutan,, thanks salam http://refykuya.blogspot.com/

      • berarti saya ga usah ganti busi ya mas?? cukup rapetin celah busi aja dunk?? trus vario tetangga msh ndut2an ga mas?? anyway thanx bgt udah berbagi mas.. nanti saya coba saran mas..

    • Injektornya ga masalah bro. Cuma perlu ganti busi n ganti mode altitude nya. Klo vario 125 sepertinya belum saatnya servis injektor. Klo pun tetep pengen servis injektor, coba aja di ahass cokro deket perempatan ubung. Disana ahass paling gede n lengkap alias pusatnya

  2. ea bosss…. mtr saya jg gitu… tapi saya inisiatif sendiri ganti busi sndiri setelah dengar cerita itu….. saya ganti dengan busi ngk platinum… ssampe sekarang masih bagus…..

    • Nice info bro.. Boleh tau dah brp kilometer dipake busi ngk platinumnya? Saya juga lagi coba ngetes ni busi std berapa lama dia bisa hidup. Kalau yang lama cuma bertahan sekitar 2000km. Ditunggu sharingnya ya bro umur busi ngk nya. Makasi dah berkunjung..

  3. idem om, sy uda ganti busi ampe 3kali hahaha, yg terakir pake businya CS1 trus idle rpm diset di rpm 1700 klep in/out di 0,10/0,24 uda kepake 2000an km, ni odo uda mw nyampe 10.000km (beli maret) akselerasi mantap lawan beat jg menang loh (aplg lawan metic2 tetangga..jauh om), top speed cuman 115km hadeh lumayan drpd lumanyun hahaha, cobain deh om setinganx..sp tau cocok, oya om websitex cbr pindah kemn? Sy buka cbrclub.co.id kok uda gag bs? Thank you

    • wahh gan ane jg pake vartech 125 nihh…tp slama ni blm ada mslh sih. sempet serem jg liat kata tmn” d web katanya suka nyendat’ gitu. ane sendiri sih busi dr pihak ahass pas servis pertama lsg diganti, katanya semua busi vario 125 per desember 2012 diganti ma busi baru…skrg km dah nyampe 3400 blm da mslh lagi (waktu servis awal km 984)
      sebenernya sihh gada mslh apa-apa sama busi yg baru, cuma ane ganti gara” penasaran pake ngk cr8eix+9power…hasilnya enteng banget pas ngegas,,baru coba hari ini aja sihh..kita liat aja berapa lama ga ngempossnya..

      maacih

      • Setau saya pake busi apa aja aman asal minumnya pertamax. Yg jd masalah klo diminumkan premium. Disana biasanya br gejala ndut2annya keliatan.

  4. punyaku dah 3x ganti busi….. penyakitnya balik lagi ….aku ganti n servise di Astra cokro
    sepertinya bukan busi yang masalah, secara keseluruhan pasti ada masalah sama ECU ato mesin ato apalah namanya ….ini terbukti busi bekas vartec ini kalo dipake ke matic laen …masih bagus kok
    dasar produk bermasalah, tapi itulah kita dah tau bermasalah kok tetep aja orang beli hahahahhahahahahah

    • Setuju. Saya ngerasa sebagai org awam masalah bukan di busi. Sepertinya di ecu coz klo dah semakin lama jalannya semakin endut-endutan kayak kurang bensin. Ganti busi cm menyelesaikan sementara. Makanya astra brani kasi busi gratis seterusnya saat mulai endut2an.

  5. mmm saya pake dari bulan maret 2012, sekarang sdh 9000 km, setiap hari jarak tempuh +/- 80 km, sampai hari ini baik baik saja….
    ban belakang pake 100/80 14″ sdh 4 bulan, ban depan baru ganti 90/80 minggu lalu
    lampu depan ganti halogen osram, 35w.
    kecuali suara mesin ngorok, yang lain baik baik saja.

      • Bbmnya pake apa bro kl bisa jangan pake premium…kemarin punya sodarku juga seperti itu busi cpet mati jalan ndut2an & mesin kasar…setelah service pertama komplain trus ganti bbm pertmax motor jadi aman2 aja…punyaku masih km 400 sampai saat ini belum ada masalah, coba trik ini kalo pas start motor jangan lgsng jalan dulu tunggu stationernya stabil dulu..soalnya pernah start motor lgsng jalan serasa bbm belum turun motor jadi ndut2an..

      • ganti ganti bro. kadang pertamax kadang premium. tp kklo masalah stationer betul bgt tak biarin dulu biar tenang baru deh tak gass

  6. Punya gue juga pernah ganti busi di km 500, ganti busi dgn yg nomer 24. Dan smp skrg tetep ok (km 4000). Oh ya ini kasih pengalaman, jgn sering2 vartecnya minum premium, pasti bermasalah. Gue pengalaman kalau pake premium lbh dr 500km pasti busi dan suara ngorok makin jelas. Vartec kompresi 11:1 bung. Nggak cocok pake premium. Mesin idup tp cenderung detonasi. Makanya bering crankcase jg jd bermasalah.

    • Wah saya gonta ganti pake bbm nya bro. Dan bener katamas bro. Baru 400 km vartech nya skrg udah ga enak lg tarikannya. Ndut ndutan lagi jalannya 😦 btw makasi sharingnya mas bro

    • Klo saran saya mending ambil vario techno yg generasi terakhir yg msh 110cc. Dr pada repot. Klo ga gt mesti sabar mpe mslh di vartech 125 beres 🙂

  7. Sebenarnya itu trik pemerintah agar kendaraan yang rakitan 2012 mesinnya diset pake pertamax info dri mekanik auto 2000 toyota.trutama salah satunya di busi sring ganti jika pke premium.baik mobil maupun sepeda motor harus pake pertamax..sy jga bli vartec bln juni 2012 smpe skarang 4500 km busi yg keempat.mobil kantor new avanza th 2012 jga sma dut dutan.solusinya adalah rakitan 2012 harus pke pertamax.kalo premium akan sering ganti busi..

  8. pake busi denso U20EPR9 aja mas, murah & gampang dapetinnya ada di bengkel ahass, cuma 12ribu, itu busi buat cs1, tapi cocok juga buat vario 125, pilihan lain pake yg iridium denso IUH24

    semoga bemanfaat ^^

  9. pas servis pertama di geber sampe gas poll.. mentok 130kpj di posisi stationer (1000km)
    setelah itu vario 125 jadi ndut2 an, ke bengkel balik lagi, ganti busi bawaan beat
    sampe skarg gpp, ampir 4500km.
    vario 125 cbs beli april…
    temen main pake busi vartech 2011 lebih ok katanya..(pake satria 150 katanya bisa ya ?)
    aq nunggu busi beat ini aus, mo ganti busi punyae vartech 2011

    • Minumnya pake apa bro? Pertamax ato premium? Saya masih coba pake busi mx. Baru 300 km n pake pertamax. Blm keluar sih gejala ndut-ndutannya. Moga2 aja ga 🙂 btw nice sharing bro

    • om swastyastu tu..

      tiang coba pake busi jupi MX. niki saran dari teman-teman yang sempat maen ke blog tiang. Tiang memang lagi sedang trial kecil-kecilan. Dan kebetulan hingga 500 km gejala ngempos ato ndut2an berkurang. Syaratnya tiang harus pake pertamax dan sebelum dipake tolong dipanasin dahulu sekitar 2 menit. Selesai itu silakan geber hehehee

      • Itu settingan standart AHASS. Cuma businya aja yg tak ganti pake jupi mx. Klo ga salah businya kemarin saya beli 12rb di bngkl resmi yamaha. Gaya riding saya selalu betot gas. Jarang bawa pelan. Mpe sekarang msh fine2 aja. Semoga ga muncul lg masalahnya

  10. sharing gan….
    dengan kondisi busi seperti itu pengaruh g dengan konsumsi BBM?
    atau dengan keadaan normal berapa konsumsi BBM Vario 125?

    • dulu awal saya dpt 1:40. sekarang saya dpt masih segituan yakni 1:41. metodenya isi full hingga bbm nyentuh besi melintang di tangki lalu diisi lagi saat indikator kedip2. nah diisinya sama lagi hingga nyentuh besi melintang tsb. pemakain ni motor jarang dibawah 60km/jam alias ga bisa lihat jalan sepi 🙂 macet aja baru dah pelan hehehe. jangan ditiru ya bro 🙂

  11. ane bukan pengguna vario sih gan,,tapi menurut ane itu gara gara pake premium gan,,,kompresi vartec yang sekarang kan sama ama CS1 gan. Naah…motor CS1 teman ane juga punya masalah yang sama,,yaitu mesin brebet dan sering mati pas lagi jalan,,, yang nangani motornya pusing gan,,udah bongkar head blok segala,,ganti karbu baru pun CS1 nya gak sembuh sembuh,,sampe sekarang tu motor udah dekil gak di rawat lagi. Gak mungkin donk bro piston macet,emang genset.Kompresinya itu bro yang gak ada toleransi ama premium.saran ane pake pertamax aja.busi mati itu karena premium mengandung timbal.

    • thank you sharingnya bro.. berarti honda harusnya membuat press release klo motor ini ga bs minum premium. jd konsumen yg dipelosok yg ga ada pertamax biar ga beli ni motor. biar beli yg bs minum premium aja. kan kasian bro. beres masalahnya (klo itu bener inti masalahnya).

    • Sorry mas itu mekaniknya yg gak bisa…itu masalah di piston vakum karbu……silahkan ganti biasalah namanya karbu vakum……proses isap pakai vakum yg bahannya karet jd cepet soak………pinyaku cs1 msh kenceng aja bensin oplos…..

    • makasi infonya mas.. saya di km segitu msh aman. saya masih bawa turing ke lombok.. skrg saya cb pake busi jupi mx masih (mudah2an seterusnya) fine2 aja. Sekarang saya tes sekitar 800km busi masih aman. btw ramuannya apakah sama pak busi cs1 + pertamax??

  12. kayaknya kompresi v125 terlalu tinggi 11:1 tidak cocok untuk bbm rakyat kecil (premium). bandingkan aja dengan perbandingan kompresi dg motor lain yg cc lebih besar misal mega pro hanya 9,5:1

      • Saya setuju dengan jawaban mas.. Dan hingga sekarang saya masih heran kok bisa ya vartech125fi yang jelas2 bermasalah dapat pwnghargaan motor terbaik 2012. Ada yang bisa kasi saya pencerahan?

      • xeon masih carbu pak… ga balance kalo di compare. wtf sdh injeksi. compare nya ama yg berjenis injeksi baru balance…

  13. Saya pengguna Vario 125. saya memakai untuk harian dijakarta sehari saya menempuh perjalanan 65 kilometer, saya bersyukur dari dari pertama motor saya datang pada bulan Mei 2012 sampai sekarang tidak ada masalah ngempos2. Kebetulan dari pertama motor datang saya sudah isi memakai bahan bakar pertamax plus/ shell super extra. Dan kalau masalah ngorok pertama2 mengganggu tapi karena sudah biasa jadi terbiasa. Menurut saya yang bikin ngempos dari bahan bakar karena tidak mungkin lah kompresi 1:11 masa diisi bahan bakar ron 88, kalau cuma bilang bisa jalan motornya ya bisa jalan tapi untuk normal dan maksimal motornya menurut saya tidak bisa.

    • Iya tuh mas. Sekarang saya jg pake pertamax aja. Pengennya sih shell tp di bali ga ada 😦 gejala ngempos ga kentara. Brarti kombinasi utama adalah gunakan pertamax atau shell super, maka ngempos tak akan terjadi.

  14. haduh, ternyata hampir semuanya sama,, punyaku ada di km 3000 dah 3 kali ganti busi, kata mekanknya emang dr businya,,,,ga tau deh yg sebenarnya ???? terakhir aku ganti busi iridium, ga tau sampek kapan ini ???

    • Rugi menurut saya beli iridium mas. Kemahalan. Busi biasa oke kok. Saya lg riset kecil2an pake busi jupi mx n pake petamax. Mpe skrg dah 1200an km fine fine aja. Ow ya pas baru dihodupkan jgn lgsng digeber. Biarkan sekitar 1-2 mnt lalu selanjutnya terserah anda hehehe

  15. punyak saya itu ambil bulan april sampai skarang uda habis busi 9. skrg km 17600. awal ganti busi km 500, bbm langsung tak ganti pratamax sampai skrg. ini bagaimana???? ini,,,,, apalagi suaranya uda ngorok,,,, apa saya harus beli busi 1truk untuk cadangan. mohon kejelasannya apabila ada temen” yang punya vertec

    • Saya ambil mei 2012 dan sekarang sudah jalan 5200. Ganti sudah ganti 4 kali seingat saya. Klo sebelumnya saya serong gonta ganti bbm. Tp semenjak kilometer 4040 saya ganti busi pake punya jupi mx sekaligus konsisten pertamax blm ada masalah ngempos terjadi. Top speed sekitar 110km/jam bs saya raih.
      Ritual saya sebelum pake vartech ini adalah dipanesin dahulu sekitar 1-2menit sebelum dipakai. Setelah itu silakan gas poollll mas hehehe.

  16. ok, mas nanti saya punyae jupi mx soalnya baru 1minggu saya ganti busi, la kemarin coba tps tak naikkan tapi sekarang belum tau hasilnya…..

  17. ok,. kemarin coilnya tak kasi rangkaian ternyata ndak berhasil, trus tak coba rangkaian lain kalau barhasil nanti pasti tak kasi info semua bagi yang kecewa karna BUSI

  18. saya curiga mereka tdk tahu penyebab masalahnya ato memang sop di ahass yg tdk benar ato memang sdmnya yg masih belum bisa menangani kasus2 di vartch 125, saya pernah servis di mpm cabang utama di tempat saya, minta setting klep 0.10 n 0.24 + rpm 1700,kepala bengkelnya ngeles tdk perlu di set segitu alasannya dari pabrikan dah di set (trus gimana ngemposnya diatasi), tunjukin deh email dari cs honda pusat langsung bungkam n mau nurutin settingan yg saya mau karena di email di konfirmasi kalo settingan segitu masih masuk std vartech 125+ busi cs1 biarpun agak getar yg penting ngempos ilang,tp skrng ane pake busi beat injeksi+petramax plus ….ngacirrr brooo

  19. vario ku sama brebet d km 2500, katanya ganti pnya beat bisa, udah di ganti, e trnyata pnyakitnya kambuh lagi di km 4000an, ganti lg punya cs-1, e sama aj brthan 2000 km aj….akhirnya ane ganti busi platinum NGK G-POWER DENGAN KODE CR8EGP 3596 sembuh n penyakitny gak balik lagi sampe skrang di km 14978…ok buat saran aj…

  20. Wah..saya sbg pengguna Vario 125 jg alami masalah yg sama. Hingga 3200 km udah 2 kali ganti busi karena keluhan ngadat. Sebelumnya msh pake busi bawaan standar merk DENSO U24EPR9. Stlh pikir2 kayaknya pengapian bisa jd ga bisa ngimbangi suplai bahan bakar nih. Akhirnya saat ini saya coba ganti dg busi DAYTONA Ignimax Double Iridium dg kerenggangan elektroda 0,6 mm. Efeknya tarikan lebih enteng, tapi soal ketahanan dan usia busi masih nunggu nih…kira2 cepat mati juga ga ya. Apa nanti harus smpai ganti koil segala?

    • Wah saya pikir ga sampai ganti koil bro. Bukannya ini injeksi n ga pake koil? Apa mksd mas ganti ecu? Saya rasa ga mpe sana. Klo boleh tau minumnya sekarang pake apa mas? Premium atau pertamax mas?

  21. bagi awam sperti ni sgt mmbantu jadi refrensi beli mtr mas maksih pencerahannya.
    Cz sbenere pgen bgt wtf (tertarik bodinya nyang uhui) eee ladalah jebule akeh masalah.

    • Makasi kembali mas. Itulah salah tujuan utama ngeblog. Sharing.. Jikalau tetap ingin meminang, sebaiknya tunggu hingga ada konfirmasi dari ahm mengenai masalah yang terjadi. Jika tetap ga ada silakan pilih brand lain. Yang lain juga ga kalah bagus kok mas hehehe

  22. Ping balik: Ada apa dengan vario 125? « hondavariotechno125brebet

  23. sama bro vario py sy jg seperti itu, semua ahass jawabannya selalu sama, tapi 2 hr yg lalu saya service di bengkel teman ktnya setingan suhu mesin tidak sesuai dengan kondisi daerah pemakaian, jadi setelah diset ulang dan diganti busi, suara mesin yang ngorok dan nyendat pun hilang, sy tes trek panjang top speed 110km/h, sekian info dari sy

    • Sepertinya bukan diset suhu. Tapi setting altitude. Klo ga salah dari mode 1 (std) ke mode 2. Klo minumnya pertamax bakalan aman terus. Tapi kalau premium, saya yakin mas bakal balik lagi ke bengkel dalan rentang waktu pemakaian motor sekitar 400km-an karena masalah yg sama yakni ngempos bakal kejadian lagi. Tp klo misal tetap aman tolong dishare disini ya mas apa saja yang dilakukan ke motornya. Jadi itung-itung sharing para pemakai vartech 125fi

  24. maret pake standart vario DENSO U22EPR9 ternyata tidak cocok loss power akhirnya gejala itu hilang sejak diganti bulan agustus dengan DENSO U24EPR9 dan sekarang mulai november busi bisa di tukar secara “GRATIS” diseluruh Cab.AHM dengan busi DENSO U27EPR9. ini standart beat Injection dan vario 125 keluaran november

  25. makasih mas bro yang di bali nan jauh disana,, saya masih mahasiswa,, tapi pas agustus kemaren dibelikan vario 125 itu,, servis 1 ok2 ajah,, servis 2 bikin esmosi di 4000km geregetan bget rasanya pingin tuker motor ajah,, masak mau nyalip malah disalip gara2 ngempos,,, dari Dealernya malah dapet ganti gratis busi tapi aq gak yakin busi bermasalah,, ya udah aq tetep ndak mau ganti busi, meskipun murah nunggu bongkarnya lama,, (maklum cewek ndak betah nunggu dibengkel terlalu lama kecuali kalo bengkelnya sebelahnya salon.. Xixixixix…) motorq dlu juga sempet pake premium mas bro,, pas dibawa ke malang naek turun gunung buat menuju pantai selatan, aq ganti pertamax sejak itu jarang ngempos lagi,, kecuali pas dinas pagi ndak sempet manasin,, takut telat nyampek RS, malah esmosi gara2 ndak mau jalan,, alhasil sekarang kalo ngempos gitu pas ndak sempet manasin harus dimatikan sebentar, hidupin lagi,, panasin sebentar,, gerrr.. motor yang lain kalah,,, mak cess jalannya… ahai,,, ndak mungkin telat deh. ok beli surya nanti aq coba pake busi jupi mx ato beat injeksinya deh bro,, thank’s for information.

    • Makasi kembali mbak. Senang bisa berbagi. Nanti kalau sudah dipake businya, dikirim lagi impresinya ya mbak. Sharing ma temen-temen yang lain 🙂

  26. maaf om surya Q mau nanyak mengapa di vario 125 sensornya MAPnya kok ngak ada sedangkan di supra x 125 ada.??? trus apakah supra x 125 juga sering ganti busi???? mohon kejelasanya……

    • Waduh maaf sebelumnya bro. Jujur saya ga begitu paham mesin apalagi matic. Saya berusaha menjawab setahu saya ya bro. Mungkin sapa tau ada teman-teman yang lain bisa bantu.
      Menurut saya sisitem injeksi antara supra125 n vario125 beda bro. Vario sudah menganut sistem injeksi terbaru dari honda yang mungkin fungsi MAP nya sdh diintegrasikan. Selain itu menurut saya peruntukan engine nya juga beda yang menyebabkan fitur yang ada di masing-masing motor bisa berbeda :imho

  27. Bro….sederhana aja kok masalahnya….cuma cabut slang aliran udara ke filter….ngempos hilang bro..(Sorry baru bisa kasih tau sekarang )
    beberapa bulan lalu saya coba main ke SMK..MULTI KARYA MEDAN..pas ketemu guru disana coba tanyain masalah ini…ama guru di sana motor di coba jalan..tuh guru bilang Bro asal pembakaran sempurna ngak akan ada masalah ama jenis mobil atawa motor apapun….artinya adanya ngempos karena pembakaran ngak sempurna..setelah tu guru amati maka ada dua saran untuk pengguna Vario 125 atawa Honda.:

    1. Cabut slang hasil sisa pembakaran yang ada pada filter ….(ini bikin Oksigen KO.)
    2. Perpendek Asupan Udara dengan kata lain dari filter ke injeksi (dulu..carburatur) terlalu jauh udara mengalir sehingga terlalu banyak Losses..

    saya udah praktekin yang pertama terbukti ngak pernah ngempos….yang kedua ngak berani karena harus memotong karet (slang) dari filter ke injeksi….Semoga bermanfaat buat kita semua

    Thanks Guru ku (SMK .MULTI KARYA MEDAN)

  28. perlindungan konsumen di indonesia g ada kerjaannya kali ya… padahal hampir semua dah ngrasain “pahit vario 125″… saya aja sampe 2 minggu sekali email ke ahass centre ..
    kalo kita bersatu kayaknya bisa tuh tuntut tarik produk ….
    punyaku udah 7700 km hapir 2 inggu sekali kalim busi ke ahass ….

    • Saya setuju tuh. Anehnya kita yg bli kalang kabut dengan nasalah eh vartech 125 dpt penghargaan motor terbaik 2012. Hehehe kok bs ya? Padahal masalahnya mpe skrg blm diselesaikan secara resmi oleh AHM lewat recall product

  29. Bli Surya gmana skrg kabar Vartech 125 nya?…. Masih pake busi jupiter MX? Saya juga mengalami masalah yang sama saat ini sudah jalan 3000 km…ndut2an di kecepatan 50km/jam.

  30. ea nich bikin sbelllllll… ajah motor vario 125 clalu bikin susah pemakainx…:) pas plng malam motor malah ga bsa idup terpksa dech jln kaki ampai rumah yg cukup jauh ampir 10km cma gara2 motor vario 125 ga bsa idup mesinnx sebelllllll…..

  31. Lam kenal sebelumnya …. Ane punya Vartech 125 CBS 2012 ampe sekarang lom pernah dpt masalah sprti temen2, klo ganti busi udah padahal blm mati businya … ama montir ahass langganan ane dia bilang ganti aja pa mumpung gratisan emang lgi program katanya gtu … pemakaian sudah mendekati 10rb km rute lumayan jauh bandung-jkrta-lampung ga sering sih … bb ane patok dari awal ptmx plus kalo kepepet pake biru (wajib), pernah dipinjem kakak ipar isi prem alhasil ga da tenaga akhirnya buang bb ganti shell super skalian cuci tangki he he he … tara… kembali normal deh … tambahan ane pake oli motul scooter expert LE 10/30w (bukan promo ya sharing saja) ngacir deh ……………………….

    • Wah hebat mas varionya minum pertamax +, kalo punya saya sih pertamax biasa saja. La wong nyari pertamax biasa aja susah. Selama ini baru 1 kali ganti busi dan sekarang kilometer udah 12300. Kalo masalah oli ama busi saya pake yang standar AHASS saja, maklum ga terlalu ngerti motor.
      Hehehe

  32. Saya juga punya vario techno 125 klo masalah brebet sih saya juga pernah mengalami pas berboncengan saya ngebut di baypass ngurah rai, tp motornya kayak nggak mau narik padahal spedometernya sudah di 80 km ke atas tp larinya masih kayak di 70 km.. Pada saat itu saya masih pake bensin, tp setelah saya ganti pake pertamax lari motornya terasa beda lebih cepet kayak motor matic vario yg lama walaupun berboncengan,, klo masalah mesih sih saya nggak ada masalah tp klo masalah computer bahan bakarnya punya saya yg bermasalah ..jadi pada saat bahan bakar habis computernya itu tetep kelihatan full, padahal bahan bakarnya habis ….

    • Wah harus segera segera ke bengkel resmi bro. Itu klo ga sensor di dalam tangki yg nyangkut ada kmungkinan komponen elektrik nya yg rusak jd sensor membaca bbm selalu full

  33. mas, mau nanya vario CBS saya tahun 2010, udh 19000 km, masalahnya pada saat boncengan melewati polisi tidur atw gundukan ada bunyi hentakan “jeduk” sperti suara sok yg mati, kemudian saya membawa ke dealer dan mengganti sok belakangnya, tetapi tetap saja suara itu masih ada dan gak ada perubahan, terasanya saat ban belakang memantul saat lewat polisi tidur atau gundukan, saya membawa kembali ke dealer menanyakan hal ini, tetapi belum ada solusinya, tolong dibantu ya mas, siapa tau ada yg pernah mengalami seperti ini. trims 🙂

    • Halo mas sori respon nya rada lama. Saya sih blm pernah ngalami seperti yg mas alami. Cm klo masalah bukan dr sokbeker nya brarti ada kmungkinan dari as lengan ayunnya. Mungkin ada yg oblak mas. Ato temen2 disini ada yg bs bantu??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s