Suzuki Indonesia part 2

image

Suzuki.. Apa yang terlintas saat teman semua mendengar brand tersebut? Yup mereka sekarang identik banget dengan motor matic. Lihat saja line up mereka hampir penuh dengan matic dari 110cc hingga 125 cc. Bahkan kalau ga salah merekalah yang masuk pertama kali ke matic dengan cc 125.
Line up yang full dengan matic bukan berarti digjaya dan menguasai pasar matic. Bahkan suzuki menurut saya gagal total. Contoh gampang saja matic edisi paling baru mereka yang digadang-gadang matic paling iritttt. Tapi jujur di jalanan seingat saya belum pernah melihatnya satupun. Hayo apa salah?

Kita flashback sedikit ke era 90an. Istilah kerennya back to 90’s. Saat itu siapa yang ga kenal line up suzuki. Bahkan ada anekdot belum keren kalau saat itu belum punya suzuki rgr, satria r, tornado,dll. Saat itu brand image mereka sangat kuat walaupun sparepart mereka harganya lumayan mahal. Tapi tetap saja ada yang meminangnya. Bahkan predikat motor kencang pun dimiliki suzuki saat itu lewat suzuki rgr sebelun serbuan ninja datang menghadang. Image motor kencang sebenarnya sekarang masih dipegang oleh suzuki tapi untuk motor bebek lewat fu150 nya.
Saya coba berpikir kenapa ya suzuki ga bermain cantik dengan mematikan atau paling ga rubah haluan. Maksudnya ayo coba maen motor batangan. Kawasaki aja dulu maen bebek nasibnya sebelas dua belas ma suzuki. Tapi sekarang wow jangan ditanya. Image kawasaki sekarang adalah motor dengan kelas premium. Ninja 250 diatas 50jt. Klx 250 diatas 60jt. Er bersaudra diatas 110 jt. Dam tenru saja si zx6r yg dibanderol 225 jt. Laku? Laku banget. Kemaren sempat maen ke dealer kawasaki ada 1orang dah deal minang er6 warna merah dan satu lagi potensial buyer er6. Dan maaf saja. Bebek kawasaki benar-benar nomor 2. Yang bertahan pun cuma edge n athlete

image

Apa yang bisa diambil dari pelajaran tersebut?
Ga salahnya kok suzuki tinggalkan sejenak kelas matic yang sangat jelas dikuasai brand dengan modal tiada tara. Masak suzuki cuma mengais customer buangan kedua brand tersebut? Come on.. Lineup kalian sangat powerfull. Oke gw250 sudah dipastikan akan merapat sebentar lagi ke indo. Tapi tolobg garap dengan serius. Jangan kayak fxr. Tes pasar lalu hilang. Dan juga tolong perhatikan suara konsumen setia suzuki a.k.a fbs. Pabrika. Lain perang kevanggihan n pamer bodi aduhai lewat lekukan indah n tekologi tinggi, eh suzuki malah ada niat meluncurkan gs150r yang jujur bodinya sangat letinggalan banget. Coba di googling dan sebutkan bagian mana dr gs150r yg bisa memikat hati consumen? Semua pada teriak untuk me-reborn fxr. Dan menurut saya itu sangat mungkin sekali. Mesin dah ada. Rangka fxr saya yakin mereka masih punya moulding mya. Tinggal desain bodi comot klan gsx yg dikecilkan. En ing eng jadi deh motor dengan customer oriented. Kelas 250 dah dijaga gw250. Mau sikut-sikutan di kelas 600 bawa aja gladius. Udah tinggal nikmatin perangnya. Mosok suzuki kalah lawan minerva?? Malu euy.. Tulisan ini merupakan curahan hati dari penggemar suzuki yang ga ingin suzuki dipandang sebelah mata..
God bless you suzuki..

Iklan

5 thoughts on “Suzuki Indonesia part 2

  1. bro, dulu sya termasuk org yang pernah kecewa dengan motor suzuki, waktu itu tahun 2005 sya pernah memb eli motor suzuki smash.. kala itu, smash SR sedang booming2nya. saya menepiskan pilihan yang lain Vega atau supra fit. karna desainnya tua bgt. jadi pilihan tertuju ke smash. selama 6 bulan itu motor memang ga penah main ke jalan menanjak. nah pas usia motor 6bln’an. sya bwa ke puncak bogor berdua sama mantan pacar 🙂 , via jalan cijayanti bukit pelangi sentul.. alhasil smash sya ga kuat nanjak.. oper gigi 1-2 bolak balik. di tengah2 tanjakan ada yang nyalip sura fit di naekin 3 org nanjak. ga pke pegap2 nafasnya.. hadeh salah apanya ni motor fikir saya…! pas 2 tahun motor lunas langsung tak jual dengan harga ngdrop…. 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s